Andi (2010) Pengaruh pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu (two stay two stray) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang / Andi Yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yusuf Andi. 2009. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. M Shohibul Kahfi M.Pd. (2) Drs. Erry Hidayanto. M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu prestasi belajar. Pemilihan metode pembelajaran dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa Pembelajaran konvensional yang sering diterapkan guru mengakibatkan siswa cenderung menghafal dan bekerja secara prosedural dan memahami materi tanpa bernalar. Hal ini berakibat prestasi belajar siswa rendah karena dalam pembelajaran konvensional peran siswa bersifat pasif hanya mendengarkan mencatat dan mengerjakan latihan-latihan soal yang diberikan oleh guru.Salah satu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah pembelajaran kooperatif. Dua tinggal dua tamu merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada kelompok membagikan hasil dan informasi kepada kelompok lain. Tahapan dalam pembelajaran kooperatif dua tinggal dua tamu adalah (1) persiapan (2) presentasi guru (3) kegiatan kelompok (5) presentasi kelompok (5) evaluasi dan penghargaan. Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kopoperatif model dua tinggal dua tamu terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang tahun ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIIIB yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh dari tes prestasi belajar (post test). Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan dua rata-rata. Sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data tes prestasi belajar maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu lebih tinggi dibanding siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini maka disarankan pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu dapat dijadikan alternatif untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika karena terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16407 |
Actions (login required)
View Item |