Pengembangan modul volume limas bagi siswa kelas VI dengan menerapkan prinsip applying / Melia Ivayani Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul volume limas bagi siswa kelas VI dengan menerapkan prinsip applying / Melia Ivayani Saputra

Melia Ivayani (2010) Pengembangan modul volume limas bagi siswa kelas VI dengan menerapkan prinsip applying / Melia Ivayani Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputra Melia Ivayani. 2009. Pengembangan Modul Volume Limas Bagi Siswa SD Kelas VI dengan Menerapkan Prinsip Applying. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II) Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Kata Kunci modul limas applying Modul merupakan suatu paket bahan ajar yang memuat serangkaian aktivitas kegiatan belajar mandiri agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dengan modul siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan dapat mengkonstruksi pemahaman mereka sendiri terhadap materi yang diajarkan sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Kegiatan pengembangan dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan modul bangun ruang limas. Materi limas merupakan salah satu bahan kajian bagi siswa-siswa SD kelas VI. Soal-soal pemecahan masalah yang diberikan dalam modul ini berpijak pada prinsip applying (penerapan). Modul yang dikembangkan terdiri dari 3 unit yaitu (1) unsur-unsur dan jaring-jaring limas (2) macam-macam limas dan (3) volume limas. Masing-masing unit ditampilkan dengan menarik agar siswa lebih semangat belajar. Modul bangun ruang limas yang dikembangkan telah divalidasi dan diujicobakan untuk memperoleh bagian-bagian modul yang perlu direvisi. Modul divalidasi oleh 1 orang dosen Universitas Negeri Malang dan 2 orang guru SD bidang studi matematika. Uji coba modul melibatkan 8 orang siswa SD dari berbagai macam sekolah yang ada di kota Malang. Hasil validasi maupun uji coba menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan adalah valid. Kelebihan dari modul yang dikembangkan yaitu (1) tampilan modul menarik (2) kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran dan (3) memunculkan prinsip applying. Kelemahan dari modul yang dikembangkan yaitu pengembangan modul ini baru sampai pada tahap uji coba kepada 8 orang siswa SD dan belum diujicobakan kepada siswa dalam kelompok besar/satu kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16404

Actions (login required)

View Item View Item