Erma (2010) Peningkatan pemahaman pemfaktoran bentuk aljabar melalui pemanfaatan ubin aljabar siswa kelas VIII SMPN 2 Ponorogo tahun ajaran 2009/2010 / Erma Erfianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Erfianti Erma. 2009. Peningkatan Pemahaman Pemfaktoran Bentuk Aljabar Melalui Pemanfaatan Ubin Aljabar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. dan (II) Drs. Erry Hidayanto M.Si. Kata kunci pemahaman matematika pemfaktoran bentuk aljabar ubin aljabar Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran matematika dengan pemanfaatan ubin aljabar yang meningkatkan pemahaman pemfaktoran bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Ponorogo pada bulan Agustus sampai dengan September 2009 mengambil dua pokok bahasan yaitu materi pemfaktoran aljabar bentuk ax2 bx c dengan a 1 pada tindakan I dan materi pemfaktoran aljabar bentuk ax2 bx c dengan a1 dan a0 pada tindakan II. Bardasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran matematika dengan pemanfaatan ubin aljabar dapat meningkatkan pemahaman pemfaktoran bentuk aljabar. Penelitian menggunakan tahap belajar teori Bruner diawali dengan tahap enaktif yaitu memanipulasi ubin aljabar untuk menyelesaikan permasalahan pemfaktoran aljabar bentuk ax2 bx c dilanjutkan dengan tahap ikonik yaitu menggunakan gambar ubin aljabar untuk menyelesaikan permasalahan pemfaktoran bentuk ax2 bx c kemudian tahap simbolik yaitu tahap menggeneralisasikan pemfaktoran aljabar bentuk ax2 bx c dari menggunakan ubin aljabar menjadi bentuk simbol dan diakhiri dengan tes akhir tindakan. Peningkatan pemahaman ditunjukkan oleh adanya peningkatan rata-rata skor tes akhir tindakan (rata-rata skor tes akhir tindakan I adalah 87 5 dan rata-rata skor tes akhir tindakan II adalah 89 25) dan ketuntasan belajar siswa (tindakan I adalah 92 5% dan tindakan II adalah 97 5%). Hal tersebut diperkuat dengan hasil observasi aktivitas siswa masuk dalam kategori Baik dan hasil observasi aktivitas guru masuk dalam kategori Sangat Baik pada tindakan I dan hasil observasi aktivitas siswa masuk dalam kategori Sangat Baik dan hasil observasi aktivitas guru masuk dalam kategori Sangat Baik pada tindakan II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16402 |
Actions (login required)
View Item |