Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Pasuruan melalui pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematics education (RME) / Fidia Lestariningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Pasuruan melalui pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematics education (RME) / Fidia Lestariningsih

Fidia (2010) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Pasuruan melalui pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematics education (RME) / Fidia Lestariningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestariningsih Fidia. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Huda Pasuruan Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Rini Nurhakiki M.Pd.dan (II) Drs. Dwiyana M.Pd. Kata kunci Pembelajaran Matematika Realistic Mathematics Education (RME) Hasil Belajar Siswa Salah satu karakteristik matematika adalah mempunyai objek yang bersifat abstrak. Sifat abstrak ini menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam matematika. Hasil belajar matematika siswa baik secara nasional maupun internasional belum menggembirakan. Third International Mathematics and Science Study (TIMSS) melaporkan bahwa rata-rata skor matematika siswa di Indonesia jauh di bawah rata-rata skor matematika siswa internasional dan berada pada ranking 34 dari 38 negara. Oleh karena itu pembelajaran matematika di kelas perlu ditekankan pada keterkaitan antara konsep-konsep matematika dengan pengalaman siswa sehari-hari. Selain itu penerapan kembali konsep matematika yang telah dimiliki siswa pada kehidupan sehari-hari atau pada bidang lain sangat penting dilakukan. Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) atau Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran matematika dengan pendekatan RME yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTS Miftahul Huda Pasuruan dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan RME. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di MTs Miftahul Huda Pasuruan pada bulan September sampai Nopember 2009 dalam 2 tahap yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Pasuruan sebanyak 25 siswa. Materi yang diajarkan pada penelitian ini adalah relasi dan fungsi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan RME yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Pasuruan dapat dilakukan melalui 3 tahap. Pada tahap awal guru memberikan masalah realistik kepada siswa. Pada tahap inti siswa mengerjakan masalah kontekstual pada LKS. Siswa berdiskusi dengan anggota kelompok dan saling memberi masukan dalam menyelesaikan masalah. Guru bertindak sebagai fasilitator dan motivator. Prinsip RME yang tampak pada tahap ini adalah penggunaan masalah kontekstual penggunaan model kontribusi siswa dan interaktivitas. Pada tahap akhir siswa membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari dengan arahan guru. (2) Respon siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan adalah positif yaitu siswa tertarik antusias dan senang mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16398

Actions (login required)

View Item View Item