Prestasi belajar matematika pokok bahasan prisma dan limas melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Dwi Puji Sulistyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Prestasi belajar matematika pokok bahasan prisma dan limas melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Dwi Puji Sulistyani

Dwi Puji (2010) Prestasi belajar matematika pokok bahasan prisma dan limas melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Dwi Puji Sulistyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistyani Dwi Puji. 2009. Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Prisma dan Limas Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Herutomo M.Pd. (II) Dr. Tjang Daniel Chandra M.Si. Kata kunci pembelajaran berbasis masalah prestasi belajar prisma dan limas Tujuan pembelajaran matematika adalah siswa dapat memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan seperti memiliki rasa ingin tahu perhatian dan minat dalam mempelajari matematika serta sikap ulet dan percaya diri dalam memecahkan masalah matematika. Berdasarkan peraturan tersebut sudah sewajarnya guru menerapkan suatu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengkonstruksi pemahaman mereka dan mengubah pembelajaran yang pada mulanya berpusat pada guru menjadi suatu pembelajaran yang berpusat pada siswa. Metode pembelajaran yang sesuai adalah pendekatan pembelajaran berbasis masalah yaitu suatu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif untuk memecahkan suatu permasalahan melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah diharapkan dapat menumbuhkan serta meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi matematika sehingga berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Malang pada pokok bahasan prisma dan limas dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian dilakukan di SMP N 1 Malang dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-D dan VIII-E. Waktu pelaksanaan penelitian adalah pada semester II tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Data hasil belajar diperoleh dari postest setelah subyek diberikan perlakuan. Melalui analisis yang telah dilakukan diperoleh bahwa prestasi belajar siswa meningkat setelah diberi perlakuan berupa pembelajaran berbasis masalah. Hal tersebut terlihat dari persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai post tes di atas standar nilai sekolah adalah sekitar 70%-80% siswa. Peneliti menyarankan sebaiknya pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan sebagai alternatif yang perlu dipertimbangkan dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16388

Actions (login required)

View Item View Item