Penerapan soal open-ended dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bangkalan / Baitul Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan soal open-ended dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bangkalan / Baitul Afifah

Baitul (2010) Penerapan soal open-ended dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bangkalan / Baitul Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK AFIFAH BAITUL. 2009. Penerapan Soal Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bangkalan. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj Cholis Sa dijah M.Pd M.A (2) Dra. Tri Hapsari Utami M.Pd Kata Kunci bangun datar matematika pembelajaran soal Open-ended Berbagai strategi mengajar menyebabkan pendidik harus bisa memilih strategi pembelajaran yang dapat menunjang tujuan pembelajaran agar penyampaian materi pembelajaran dapat diterima oleh siswa dengan baik. Dalam hal ini strategi yang dipilih adalah strategi pembelajaran dengan pendekatan open-ended. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan soal open-ended dapat mampu memberikan keleluasaan bagi siswa untuk mengemukakan jawaban dan lebih bersifat merangsang kreatifitas berfikir siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Untuk mengkaji pelaksanaan penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan soal open-ended (b) Untuk mengkaji tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan soal open-ended pada pokok bahasan bangun datar di kelas VII SMPN 3 Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dimaksudkan untuk dapat memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian seperti perilaku persepsi motivasi tindakan dan lain-lain dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami kemajuan hal ini dapat dilihat dari nilai belajar siswa yang mengalami peningkatan mulai dari pertemuan kedua sampai terakhir meskipun nilai yang diperoleh tidak begitu sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu siswa juga merasa senang dengan adanya pembelajaran menggunakan soal open-ended karena mereka lebih mempunyai kesempatan untuk berpendapat dan mengemukakan ide-ide mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16384

Actions (login required)

View Item View Item