Keefektifan teknik reinforcement untuk meningkatkan perilaku on task siswa smp negeri 2 kandat kabupaten kediri / Yunia Indria Jaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik reinforcement untuk meningkatkan perilaku on task siswa smp negeri 2 kandat kabupaten kediri / Yunia Indria Jaya

Jaya, Yunia Indria Jaya (0000) Keefektifan teknik reinforcement untuk meningkatkan perilaku on task siswa smp negeri 2 kandat kabupaten kediri / Yunia Indria Jaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku on task adalah perilaku yang kehadirannya di kehendaki dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Sedangkan perilaku off task adalah perilaku yang tidak di kehendaki ketika pelaksanaan belajar mengajar di kelas seperti berbicara diluar materi pelajaran mengganggu teman melamun dan masih banyak lagi. Siswa di sekolah diharapkan untuk bisa memunculkan perilaku on task seperti fokus dan memperhatikan serta memahami penjelasan yang di berikan oleh guru. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang melakukan perilaku off task akibatnya siswa tersebut tidak bisa memahami yang telah di jelaskan oleh guru sehingga berdampak pada penurunan hasil belajar. Peran konselor adalah memfasilitasi siswa untuk meningkatkan perilaku on task dengan usaha meminimalisisr kemunculan perilaku off task. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perilaku on task siswa salah satu caranya dengan memberikan reward bagi siswa yang mulai berperilaku on task dan mengurangi perilaku off tasknya. Pemberian reward dapat dilakukan dengan salah satu teknik dalam pendekatan konseling behavior yang dapat memodifikasi tingkah laku atau meningkatkan perilaku yang diinginkan dalam hal ini adalah perilaku on task. Teknik tersebut ialah teknik Reinforcement. Reinforcement ini diberikan kepada siswa dengan tujuan agar tingkah laku yang dikehendaki dapat meningkat dan terpelihara setelah perilaku off task berkurang atau bahkan di hilangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Reinforcement untuk meningkatkan perilaku on task siswa SMP Negeri 2 Kandat Kabuaten Kediri. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini teknik Reinforcement efektif untuk meningkatkan perilaku on task siswa SMP. Rancangan penelitian yang digunakan ini adalah experimen semu (quasi experimental research) dengan menggunakan metode desain experimen kasus tungal (single case experimental design) dengan model A-B-A. Subjek penelitian merupakan dua siswa dari siswa SMP Negeri 2 Kandat yang berinisial MY an F subjek dipilih dengan metode purposive sampling atau sampling yang disengaja. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dengan tally dan wawancara dengan konselor. Setelah itu menenutukan perilaku off task yang akan di turunkan agar setelahnya dapat memuculkan perilaku on task. yang yang sering muncul untuk kemudian diberikan treatment dengan melalui proses konseling. Konseling dilakukan dengan pendekatan behavior teknik reinforcement metode token ekonomi. Dimana siswa mendapat token sebagai reward karna telah mengurangi perilku off task nya setalah token terkumpul subjek akan mendapat becak up reinforcer sesuai dengan kesepakatan. Dari hasil analisis data kedua subjek penelitian tersebut menunjukkan penurunan perilaku off task tidak kurang dari 50% yang di lihat dari angka kemunculan sebelum dan sesudah treatment. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa teknim reinforcement efektif untuk meningkatkatkan perilaku on task siswa SMPkemudian saran yang perlu di pertimbangkan konselor dan peneliti selanjutnya menjadikan teknik reinforcementsebagai salah satu alternatif pemberian bantuan dalam meningkatkan perilaku on task.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/163811

Actions (login required)

View Item View Item