Hubungan antara konsep diri dengan sikap sosial siswa SMP Negeri I Malang / Nur Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara konsep diri dengan sikap sosial siswa SMP Negeri I Malang / Nur Fauziah

Fauziah, Nur (2009) Hubungan antara konsep diri dengan sikap sosial siswa SMP Negeri I Malang / Nur Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep diri penting dimiliki semua orang terutama pada siswa SMP yang berada pada masa puber karena pada masa tersebut remaja akan mulai mengembangkan diri dalam penyesuaian sosialnya. Konsep diri berasal dari hasil interaksi dengan orang lain. Konsep diri merupakan faktor yang menentukan bagi perkembangan sosial remaja untuk mencapai keberhasilan sosial remaja dalam hubungan sosialnya diperlukan konsep diri yang positif. Dalam hubungannya dengan sikap sosial diperlukan konsep diri yang positif sebagai dasar dalam bertingkah laku dalam waktu sekarang dan masa yang akan datang serta menentukan pengambilan keputusan dan aspirasi-aspirasi individu bagi masa depannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) konsep diri siswa (2) sikap sosial siswa (3) hubungan antara konsep diri dengan sikap sosial siswa SMP Negeri I Malang. Rancangan penelitian yang digunakan deskriptif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 124 orang dari keseluruhan populasi SMP Negeri I Malang sebanyak 834 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel Random. Untuk mengumpulkan data digunakan inventori sedangkan pengolahan data menggunakan teknik analisis Persentase dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) sangat banyak (97 6%) siswa SMP Negeri I Malang yang memiliki konsep diri yang baik 2) sangat banyak (67 7%) siswa SMP Negeri I Malang yang memiliki sikap sosial yang baik dan 3) ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan sikap sosial. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai berikut 1) bagi peneliti selanjutnya harus melalui penelitian sejenis dengan melibatkan faktorfaktor yang diperkirakan mempengaruhi sikap sosial dan memperbanyak subyek dan wilayah penelitian agar dapat digeneralisasikan dan diaplikasikan pada populasi yang lebih luas. 2) bagi konselor diharapkan mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling yang dapat mengembangkan konsep diri dan sikap sosial siswa SMP Negeri I Malang yang termasuk dalam kriteria cukup baik dan baik menjadi sangat baik salah satu caranya yaitu dengan melalui proses konseling yang berkesinambungan. Konselor juga diharapkan dengan mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling dapat meningkatkan konsep diri dan sikap sosial siswa SMP Negeri I Malang yang termasuk dalam kriteria kurang baik menjadi baik yaitu dengan cara konselor menggunakan layanan bimbingan kelompok seperti pemahaman mengenai emosi prasangka konflik dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di masyarakat serta pemecahannya pengembangan hubungan sosial yang efektif dan produktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1634

Actions (login required)

View Item View Item