Hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nurul Dini Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nurul Dini Safitri

Safitri, Nurul Dini (2009) Hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nurul Dini Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecerdasan emosional berpengaruh cukup besar dalam kehidupan seseorang. Tanpa kecerdasan emosional seseorang tidak mampu mengenali emosi yang ada dalam dirinya mengelola emosi dirinya memberikan motivasi kepada dirinya sendiri mengenali emosi yang dialami orang lain dan tidak akan mampu membina hubungan dengan orang lain. Pada aspek emosional seseorang belajar menghadapi konflik yang ditemui dalam kehidupannya hal tersebut bertujuan untuk membangun kecerdasan emosinya agar dapat mengendalikan perasaan dan menyalurkannya dengan cara-cara positif dan produktif. Hal ini juga terkait dengan prestasi belajar seseorang dibidang akademik seseorang tersebut akan merasa kesulitan meraih prestasi yang lebih baik jika kecerdasan emosional yang dimilikinya tidak berkembang sebagaimana mestinya. Siswa SMA sebagai remaja yang tidak hanya memiliki kematangan fisik saja tetapi juga dari segi psikologisnya. Remaja tidak lagi mengungkapkan emosinya dengan amarah yang meledak-ledak melainkan dengan menggerutu tidak mau bicara atau dengan suara lantang mengkritik orang-orang yang menyebabkan dirinya marah karena remaja yakin bahwa dengan perilaku seperti itu emosi mereka dapat terungkapkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kecerdasan emosional siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang (2) prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dan (3) hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi yang dipilih adalah seluruh siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang mulai kelas X XI dan XII. Sampel penelitian dipilih secara acak (cluster random sampling) yaitu kelas X-5 XI-IPS 1 dan XII-IPA 2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Instrumen yang digunakan yaitu teknik dokumentasi melalui angket kecerdasan emosional dan raport sisipan tengah semester gasal tahun ajaran 2008/2009. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian kecerdasan emosional diperoleh data bahwa banyak siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang juga tergolong tuntas dengan perolehan rata-rata 88 07. Hasil pengujian hipotesis antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar diperoleh p (0 076 0 05) artinya bahwa pernyataan ada hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan bahwa guru hendaknya menyesuaikan dengan tingkat kecerdasan emosional siswa agar siswa merasa nyaman dan senang terlebih pada saat peroses belajar mengajar berlangsung yang nantinya berdampak pada hasil prestasi belajar siswa yang memuaskan. Konselor hendaknya memiliki alat ukur kecerdasan emsoional yang dapat digunakan sewaktu-waktu sesuai dengan program yang ada. Selain itu peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian serupa dengan memperluas sampel dan populasi penelitiannya sehingga hasilnya akan memperjelas hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item