Penguatan pendidikan karakter religius di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Al-Yasini Kabupaten Pasuruan / Balqis Silvi Rahmanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguatan pendidikan karakter religius di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Al-Yasini Kabupaten Pasuruan / Balqis Silvi Rahmanita

Rahmanita, Balqis Silvi (2020) Penguatan pendidikan karakter religius di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Al-Yasini Kabupaten Pasuruan / Balqis Silvi Rahmanita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmanita Balqis Silvi. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter Religius di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Al-Yasini Kabupaten Pasruan. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd (2) Prof. Dr. Heri Suwignyo M. Pd. Kata kunci Karakter Religius Penguatan Pendidikan Karakter Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter religius sesuai dengan Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan PPK. Penelitian ini berfokus pada penerapan penguatan pendidikan karakter melalui (1) budaya sekolah (2) proses pembelajaran (3) ekstrakurikuler di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Al-Yasini Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti dalam hal ini berperan sebagai perancang pengumpul data penganalisis data hingga penyusunan laporan. Peneliti dalam hal ini terjun langsung ke Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Al-Yasini Pasuruan dalam pengumpulan data hingga penyusunan laporan. Hasil penelitian diperoleh dari penerapan penguatan pendidikan karakter religius pada (1) budaya sekolah (2) proses pembelajaran dan (3) ekstrakurikuler di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Al-Yasini Kabupaten Pasuruan sebagai berikut. Pertama penguatan pendidikan karakter religius pada proses pembelajaran diwujudkan melalui (a) pembiasaan doa bersama (b) membaca nadhoman (c) kegiatan berbagi dan saling menolong antar-sesama siswa (d) tidak mengejek (e) tidak membully (f) bertengkar dengan temannya (g) mengantri saat hafalan (h) tidak memilih teman saat berkelompok (i) peduli terhadap kebersihan (j) piket bersama. Sub nilai religius yang terlihat yaitu percaya diri toleransi melindungi yang terkecil dan tersisih persahabatan antibully teguh pendirian dan cinta lingkungan. Kedua penguatan pendidikan karakter religius pada budaya sekolah diwujudkan melalui (a) pembiasaan senyum sapa salam (b) pembiasaan hormat terhadap guru (c) pembiasaan bersih-bersih lingkungan sekolah (d) kegiatan spontanitas penampilan bakat saat acara peringatan hari besar misalnya peringatan isra mi raj. Sub nilai yang terlihat yaitu toleransi cinta lingkungan teguh pendirian. Ketiga penguatan pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikukler diwujudkan melalui (a) belajar berpidato dengan irama suara (b) mimik muka sesuai dengan tema (c) siswa berlatih secara sungguh-sungguh. Sub nilai yang muncul yaitu teguh pendirian dan percaya diri. Penetian ini disarankan kepada (1) sekolah sebagai pedoman penguatan pendidikan karakter religius. (2) guru sebagai acuan dalam perencanaan dan penggunaan metode pembelajaran penguatan pendidikan karakter religius. (3) peneliti sebagai referensi dalam mengembangkankajian tentang penguatan pendidikan karakter religius.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/162965

Actions (login required)

View Item View Item