Perbedaan penerimaan teman sebaya antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert pada siswa SMK Negeri 2 Malang / Noviyanti Kartika Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerimaan teman sebaya antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert pada siswa SMK Negeri 2 Malang / Noviyanti Kartika Dewi

Dewi, Noviyanti Kartika (2009) Perbedaan penerimaan teman sebaya antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert pada siswa SMK Negeri 2 Malang / Noviyanti Kartika Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu perkembangan remaja yang menonjol adalah perkembangan sosialnya khususnya yang berhubungan dengan teman sebaya. Remaja membutuhkan penerimaan dari teman sebayanya. Terpenuhi atau tidaknya kebutuhan remaja akan penerimaan teman sebaya mempengaruhi perkembangan sosiopsikologis remaja pada masa selanjutnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi penerimaan sebaya adalah faktor kepribadian. Setiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda-beda kepribadian tersebut dibagi menjadi dua yaitu kepribadian ekstrovert dan kepribadian introvert. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran penerimaan teman sebaya pada siswa yang berkepribadian ekstrovert di SMK Negeri 2 Malang (2) gambaran penerimaan teman sebaya pada siswa yang berkepribadian introvert di SMK Negeri 2 Malang (3) perbedaan penerimaan teman sebaya antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan yang berkepribadian introvert di SMK Negeri 2 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Malang sebesar 735 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster smaplin. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebesar 33% sehingga sampel dalam penelitian ini sebesar 242 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat siswa yang berkepribadian ekstrovert (54 1%) lebih banyak daripada siswa yang berkepribadian introvert (45 9%). Penerimaan teman sebaya pada siswa yang berkepribadian ekstrovert berada pada kategori kurang (49 6%) sedangkan peneimaan teman sebaya pada siswa yang berkepribadian introvert berada pada kategori kurang (44 2%). Berdasarkan nilai persentase tersebut terdapat perbedaan penerimaan teman sebaya antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert. Berdasarkan hasil uji-t yang dilakukan diperoleh hasil nilai p (0 000) 945 (0 05) maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan penerimaan teman sebaya antara siswa yang berkeribadian ekstrovert dan siswa yang berkepribadian introvert. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan saran bahwa konselor hendaknya menyikapi hasil penelitian yang diperoleh mengenai perbedaan penerimaan teman sebaya antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan siswa yang berkepribadian introvert untuk meningkatkan kemampuan sosial dan belajar siswa di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item