pengembangan pembelajaran norma dan keadilan dengan menggunakan flash card kombinasi dalam mata pelajaran ppkn kelas vii smp sunan kalijogo jabung / marshalita debby puji astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan pembelajaran norma dan keadilan dengan menggunakan flash card kombinasi dalam mata pelajaran ppkn kelas vii smp sunan kalijogo jabung / marshalita debby puji astuti

Astuti, Marshalita Debby Puji Astuti (2021) pengembangan pembelajaran norma dan keadilan dengan menggunakan flash card kombinasi dalam mata pelajaran ppkn kelas vii smp sunan kalijogo jabung / marshalita debby puji astuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran sebagai salah satu komponen pembelajaran harus dibuat semenarik mungkin agar peserta didik tertarik dan bersemangat dalam megikuti pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengingat pembelajaran yang diberikan oleh guru dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh sebab itu guru dituntut menciptakan media pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Salah satu media pembelajaran yang peneliti maksud yakni media flash card kombinasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sekaligus menguji kelayakan kepraktisan kemenarikan dan keefektivan media flash card kombinasi pada mata pelajaran PPKn kelas VII khususnya pada kompetensi dasar Norma dan Keadilan. Tahapan penelitian yang digunakan mengacu model Borg amp Gall (2003) dengan modifikasi. Peneliti melakukan modifikasi dengan maksud untuk menyesuaikan dengan kebutuhan lapangan terkait produk media pembelajaran yang peneliti kembangkan prosedur penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut 1) Penelitian dan pengumpulan data awal 2) Perencanaan 3) Pengembangan Produk 4) Uji coba Lapangan Awal (validasi ahli) 5) Revisi Hasil Uji Coba Lapangan Awal (Hasil Validasi Ahli) 6) Uji Coba Kelompok Kecil 7) Penyempurnaan Produk Hasil Uji Coba Kelompok Kecil 8) Uji Coba Kelompok Besar 9) Penyempurnaan Produk. Subyek penelitian dilaksanakan di SMP Sunan Kalijogo Jabung. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yang diperoleh yakni yang pertama data kuantitatif yang berupa hasil persentase skor yang didapat dari validator ahli media ahli materi ahli pembelajaran dan respon dari peserta didik. Kedua adalah data kualitatif yang diperoleh dari wawancara observasi serta saran dari para validator guru dan peserta didik. Jumlah pertanyaan yang digunakan untuk menguji kelayakan berjumlah 19 pertanyaan kepada ahli media dan 38 pertanyaan kepada ahli materi uji kepraktisan menggunakan 16 pertanyaan uji kemenarikan menggunakan 12 pertanyaan dan uji keefektivan menggunakan hasil pretest dan postest. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Produk awal yang dihasilkan dari penelitian pengembangan ini adalah flash card kombinasi yang terdiri 64 flash card buku petunjuk peta konsep dari flanel dan 20 kartu truth or dare. Setelah melaksanakan uji coba lapangan awal peneliti mendapatkan saran dari ahli media yaitu mengganti warna kartu menjadi putih agar tulisan dan gambar terlihat jelas mengganti cover buku petunjuk dan membagi buku petunjuk menjadi buku petunjuk guru dan buku petunjuk peserta didik serta menambahkan gambar yang sesuai dengan pertanyaan pada belakang kartu truth or dare. Saran dari ahli materi yaitu memperbaiki beberapa materi dan pertanyaan yang ada pada kartu. Berdasarkan uji validitas media uji validitas materi dan uji validitas kepraktisan media flash card kombinasi diketahui hasil validasi ahli media diperoleh sebesar 100% dan validasi ahli media terhadap buku petunjuk penggunaan media untuk guru dan siswa mendapatkan persentase sebesar 98 8%. hasil persentase validasi ahli materi terhadap media diperoleh nilai sebesar 100%. Hasil validasi kepraktisan media mendapatkan skor sebesar 100%. dari segi kemenarikan media yang diujicobakan kepada peserta didik yakni mendapatkan persentase sebesar 95 2%. Dengan demikian media flash card kombinasi pada mata pelajaran PPKn SMP Kelas VII bab Norma dan Keadilan dapat dikategorikan sangat layak sangat praktis sangat menarik dan efektif untuk digunakan. Saran peneliti apabila terdapat peneliti yang ingin melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap produk ini antara lain (1) Peneliti berikutnya diharapkan dapat pengembangkan produk dengan materi yang lebih bervariatif mengingat bahwa dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan materi Kelas VII KD Norma dan Keadilan (2) apabila memungkinkan peneliti berikutnya diharapkan dapat mengembangkan produk flash card kombinasi yang lebih bervariatif lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/162062

Actions (login required)

View Item View Item