Setyoningrum, Nilam Enggarsasi (2020) Content analysis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan model problem-based learning di SMK program keahlian akuntansi se-Malang Raya / Nilam Enggarsasi Setyoningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setyoningrum Nilam Enggarsasi. 2020. Content Analysis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Model Problem-based Learning di SMK Program Keahlian Akuntansi Se-Malang Raya. Tesis Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M. Ak. (2) Dr. Eka Ananta Sidharta S.E. M.M. Ak. CA. CfrA Kata Kunci konsistensi RPP problem-based learning Menurut hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) yang digunakan sebagai rujukan penilaian kualitas pendidikan Indonesia berada pada peringkat 10 besar dari bawah di dunia pada tahun 2018. Maka terlihat bahwa Indonesia memiliki permasalahan dalam bidang pendidikan. Berbagai upaya mengatasi permasalahan tersebut telah diterapkan salah satunya yaitu penerapan kurikulum 2013 dengan model pembelajaran problem-based learning yang dianggap dapat meningkatkan berbagai keterampilan peserta didik. Namun salah satu aspek yang perlu disoroti dalam pembelajaran yaitu terkait perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsistensi komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilihat dari konsep model Problem-based Learning (PBL) di SMK dengan program keahlian akuntansi Se-Malang Raya. Penelitian ini menggunakan metode content analysis dalam bentuk mixed-methods. Tahap pertama yaitu menganalisis secara kualitatif melalui pengisian coding sheet dan selanjutnya menginterpretasikan hasil dari coding sheet melalui data kuantitatif. Selain itu peneliti melakukan wawancara untuk melengkapi data yang dibutuhkan. Dengan purposive sampling penelitian ini dapat menjaring 19 unit analisis data yaitu dokumen RPP dari berbagai SMK negeri dan swasta se- Malang Raya Populasi penelitian Melalui empat perspektif komponen RPP yaitu tujuan pembelajaran tahapan pembelajaran evaluasi pembelajaran dan konstruk permasalahan pembelajaran. Maka secara keseluruhan hasil dari penelitian ini mengindikasikan tentang masih rendahnya konsistensi komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh para guru akuntansi di wilayah Malang Raya dilihat dari konsep model Problem-based Learning yang berupaya terintegrasi paling tidak sesuai dengan konsep model pembelajaran seutuhnya. Penyusunan RPP yang sesuai dengan konsep model PBL akan memberikan peningkatan kemampuan serta keterampilan peseta didik dalam berbagai segi dan menyiapkan peserta didik menjadi pribadi yang siap untuk menghadapi tantangan masa depan. Jadi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan konsep model PBL merupakan salah satu upaya terbaik dalam membentuk dan mengembangkan sikap pengetahuan dan keterampilan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S2 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/162057 |
Actions (login required)
View Item |