Pengembangan mutu dosen perguruan tinggi swasta di Kabupaten Jombang (studi multisitus di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, Universitas Hasyim Asy'ari, dan STKIP PGRI Jombang) / Rifa Nurmilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mutu dosen perguruan tinggi swasta di Kabupaten Jombang (studi multisitus di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, Universitas Hasyim Asy'ari, dan STKIP PGRI Jombang) / Rifa Nurmilah

Nurmilah, Rifa (2020) Pengembangan mutu dosen perguruan tinggi swasta di Kabupaten Jombang (studi multisitus di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, Universitas Hasyim Asy'ari, dan STKIP PGRI Jombang) / Rifa Nurmilah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurmilah Rifa 2019. Pengembangan Mutu Dosen Perguruan Tinggi Swasta Di Kabupaten Jombang (Studi Multi Situs Di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Universitas Hasyim Asy rsquo ari dan STKIP PGRI Jombang). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd (II) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W MA. M.Si (III) Prof. Dr. Ali Imron M.Pd. M.Si. Kata Kunci Pengembangan Mutu Dosen Perguruan Tinggi Swasta Pengembangan organisasi merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal ini karena mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keberhasilan pencapaian tujuan perguruan tinggi. Di dalam rangka pengembangan organisasi PTS hendaknya mengoptimalkan layanan pendidikan dengan potensi sumber daya yang ada sesuai dengan tuntutan lingkungan internal dan eksternal. Salah satu caranya adalah dengan menggali potensi yang dimiliki yaitu sumber daya dosen di perguruan tinggi adalah dengan pengembangan. Pengembangan sumber daya dosen merupakan dimensi penting dalam proses pembangunan nasional yang saling berkaitan dengan pembangunan dimensi yang lain karena faktor yang paling menentukan keberhasilan suatu bangsa bukan kekayaan alam yang dipunyainya melainkan kualitas sumber daya manusia yang dipunyainya. Begitupun dalam lembaga perguruan tinggi faktor yang menentukan keberhasilan organisasai selain tenaga kependidikan adalah kualitas mutu pengajar atau yang disebut dosen. Dosen adalah merupakan ujung tombak pelaksanaan kegiatan pendidikan dimana sifat pekerjaanya selalu berkembang dan dinamis seirama dengan perubahan yang terjadi. Fokus utama dari penelitian ini adalah pengembangan mutu dosen di Universitas PesantrenTinggi Darul Ulum Universitas Hasyim Asy rsquo ari dan STKIP PGRI Jombang. Dari fokus tersebut dijabarkan menjadi sub tema fokus penelitian yakni (1) Perencanaan pengembangan mutu dosen (2) Teknik-teknik pengembangan mutu dosen dan (3) Tindak lanjut dan kontribusi pengembangan mutu dosen pada mahasiswa dosen dan institusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam (2) observasi berperan serta dan (3) studi dokumentasi. Pemilihan informan penelitian dilakukan secara snowball sampling. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan untuk ditiap situs dan dilakukan induksi analitik untuk lintas situsnya. Agar memperoleh keabsahan data dilakukan melalui (1) Uji kredibilitas yang terdiri dari triangulasi member check dan diskusi teman sejawat (2) Dependabilitas dan (3) Konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan pertama perencanaan pengembangan mutu dosen diketiga perguruan tinggi swasta lokasi penelitian sesuai dengan tuntutan kebijakan pemerintah dan keinginan untuk terus eksis ditengah persaingan kualitas dari PTS yang lain. Kedua teknik-teknik pengembangan mutu dosen di ketiga perguruan tinggi swasta lokasi penelitian menggunakan teknik studi lanjut pelatihan workshop klinik bimbingan teknis seminar dan kuliah umum kesemua teknik-teknik tersebut ditentukan berdasarkan kebutuhan dosen dan kebutuhan institusi perguruan tinggi. Penetapan teknik yang digunakan melibatkan peran serta pimpinan perguruan tinggi dan unsur yayasan. Ketiga Tindak lanjut dan kontribusi pengembangan mutu dosen di ketiga perguruan tinggi swasta lokasi penelitian menunjukkan bahwa dosen akan terus ditingkatkan kualifikasi pendidkan menjalin kerjasama dengan instansi lain di bidang pengembangan sdm dan tridharma sehingga terpenuhi nilai akreditasi program studi/ jurusan dengan peringkat minimal B. Sedangkan teknik-teknik yang lain akan terus diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas dosen dengan memperhatikan faktor pemberian tunjangan dan penghargaan diupayakan untuk meningkatkan motivasi kerja dan kesejahteraan dosen. Pengembangan mutu dosen memberi kontribusi positif pada mahasiswa dosen dan institusi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161957

Actions (login required)

View Item View Item