Ariana, Yohanes Kadek Ariana (2021) hubungan manajemen sekolah berbasis multikultural (msbm), partisipasi masyarakat dan iklim sekolah dengan karakter guru, karakter siswa dan prestasi siswa pada sekolah katolik di propinsi bali dan ntb / yohanes kadek ariana. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nilai-nilai multikultural seperti kesetaraan keadilan dan toleransi dalam keberagaman merupakan cita-cita yang harus diperjuangkan dalam kehidupan terutama melalui dunia pendidikan. Konflik sosial yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia dilatarbelakangi oleh masalah keberagaman suku agama dan etnis berdampak pada sistem pendidikan yang ada. Rendahnya prestasi siswa di wilayah yang rawan konflik seperti di Provinsi Bali dan NTB menggambarkan bahwa konsep multikulturalisme belum menjadi kekuatan yang diadopsi dalam sistem manajemen sekolah termasuk di sekolah katolik. Lemahnya manajemen sekolah menurunnya kualitas pendidikan menurunnya nilai-nilai karakter siswa dan kurangnya kolaborasi dengan pemangku kepentingan merupakan masalah yang dihadapi sekolah katolik termasuk di wilayah Provinsi Bali dan NTB. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tentang MSBM partisipasi masyarakat iklim sekolah karakter guru karakter siswa dan prestasi siswa di sekolah katolik Propinsi Bali dan NTB (2) mendapatkan model yang sesuai dengan data empiris tentang hubungan MSBM partisipasi masyarakat dan iklim sekolah dengan karakter guru karakter siswa dan prestasi siswa dan (3) mengetahui hubungan langsung hubungan tidak langsung hubungan simultan antar variabel yang diteliti. Penelitian dilakukan pada sekolah-sekolah katolik wilayah Provinsi Bali dan NTB dengan pendekatan kuantitatif non eksperimen jenis korelasional. Variabel penelitian terdiri dari 6 variabel laten dan 22 variabel manifes. Dengan teknik proportional stratified area random sampling diperoleh sampel sebanyak 180 guru yang berasal dari 695 populasi guru. Data MSBM partisipasi masyarakat iklim sekolah karakter guru dan karakter siswa dikumpulkan menggunakan angket tertutup yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya sedangkan prestasi siswa dikumpulkan menggunakan angket berdasarkan dokumen prestasi yang terdapat pada leger penilaian guru. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan tentang variabel yang diteliti. Sedangkan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk pengujian hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas responden memberikan persepsi baik pada semua variabel. Sementara dari hasil analisis distribusi frekuensi diketahui bahwa hanya variabel prestasi siswa memperoleh katagori cukup sedangkan lima variabel lain termasuk katagori cukup tinggi. Data empiris ini mendukung kajian teoritik yang dikembangkan dalam model hubungan antar variabel. Selanjutnya dari hasil uji kelayakan model 6 variabel dengan menggunakan 11 kriteria goodness of fit (GOF) diperoleh hasil satu kriteria marginal fit dan sepuluh kriteria good fit. Dengan demikian model hubungan MSBM partisipasi masyarakat iklim sekolah dengan karakter guru karakter siswa dan prestasi siswa merupakan temuan baru dalam model manajemen pendidikan dalam bingkai pendidikan multikultural yang layak dan didukung oleh data empiris. Dalam penelitian ini dikembangkan 17 hipotesis dari 6 variabel yang diteliti. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan ada 2 hipotesis dari hubungan langsung dan 1 hipotesis dari hubungan tidak langsung yang ditolak. Hubungan langsung yang signifikan dan positif diperoleh yaitu hubungan MSBM dengan partisipasi masyarakat iklim sekolah karakter guru karakter siswa dan prestasi siswa. Demikian juga hubungan partisipasi masyarakat dan iklim sekolah iklim sekolah dan karakter siswa maupun prestasi siswa hubungan karakter guru dan prestasi siswa dan hubungan karakter siswa dan prestasi siswa. Namun untuk hubungan partisipasi masyarakat dan karakter siswa maupun dengan prestasi siswa tidak terbukti ada hubungan secara langsung. Sementara dari hasil uji hubungan tidak langsung diketahui bahwa hubungan MSBM dan prestasi siswa dapat dimediasi melalui karakter guru dan melalui karakter siswa. Demikian juga hubungan iklim sekolah dan prestasi siswa dapat dimediasi melalui karakter siswa. Tetapi karakter siswa tidak terbukti dapat memediasi hubungan partisipasi masyarakat dan prestasi siswa. Hubungan MSBM partisipasi masyarakat dan iklim sekolah dengan karakter guru karakter siswa dan prestasi siswa terbukti dapat terjadi secara simultan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap perkembangan ilmu pengetahuan khususnya teori manajemen pendidikan yaitu model manajemen yang dibangun melalui hubungan 6 variabel yaitu MSBM partisipasi masyarakat iklim sekolah karakter guru karakter siswa dan prestasi siswa. Model ini dapat menunjukkan bahwa manajemen sekolah yang mengintegrasikan nilai nilai multikultural ke dalam sistem tata kelola berdampak langsung pada aspek input proses dan output pendidikan. Dengan demikian mengkonfirmasi teori manajemen sebagai sistem. MSBM merupakan variabel yang dapat mempengaruhi semua variabel manajemen pendidikan yang dilibatkan baik secara langsung tidak langsung maupun simultan. Karakteristik yang fleksibel dan terbuka ini mengkonfirmasi teori manajemen kontingensi atau situasional dalam pendidikan. Secara praktis hasil penelitian ini menegaskan bahwa pengintegrasian nilai-nilai multikultural ke dalam semua kegiatan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan pengawasan dan evaluasi perlu dilakukan agar tercipta kesadaran multikultural di lingkungan sekolah. Dengan adanya visi dan misi sekolah yang jelas guru yang mampu menjadi role model orang tua tokoh agama dan tokoh masyarakat yang berperan aktif mendukung program sekolah dan iklim sekolah yang kondusif maka prestasi siswa dapat ditingkatkan termasuk di daerah yang masyarakatnya sangat plural.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/161955 |
Actions (login required)
View Item |