pengaruh pengembangan profesional, produktivitas karya publikasi ilmiah, karya inovatif, dan komitmen kerja terhadap kualitas pembelajaran guru sd di kabupaten malang / siti asiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh pengembangan profesional, produktivitas karya publikasi ilmiah, karya inovatif, dan komitmen kerja terhadap kualitas pembelajaran guru sd di kabupaten malang / siti asiyah

Asiyah, Siti Asiyah (2021) pengaruh pengembangan profesional, produktivitas karya publikasi ilmiah, karya inovatif, dan komitmen kerja terhadap kualitas pembelajaran guru sd di kabupaten malang / siti asiyah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Asiyah Siti. 2021. Pengaruh Pengembangan Profesional Produktivitas Karya Publikasi Ilmiah Karya Inovatif dan Komitmen Kerja terhadap Kualitas Pembelajaran Guru SD di Kabupaten Malang. Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M. Pd. (II) Prof. Dr. Nur Hidayah M. Pd. (III) Dr. H. A. Supriyanto M. Pd. M. Si. Kata kunci pengembangan profesional karya imiah inovatif komitmen kualitas pembelajaran Penelitian ini didasarkan pada pentingnya pengembangan profesional produktivitas karya publikasi ilmiah karya inovatif dan komitmen kerja yang mempengaruhi kualitas pembelajaran guru SD di Kabupaten Malang pada era digital saat ini. Peningkatan profesionalisme guru dibutuhkan program pelaksanaan pengembangan profesional produktifitas karya publikasi ilmiah dan karya inovatif agar terbentuk komitmen kerja secara profesional dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru. Guru SD memiliki kompetensi pedagogik kepribadian sosial dan profesional yang luar biasa apabila didukung oleh berbagai program pengawasan dan arahan dari kepala sekolah pengawas dan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang secara cepat dan tepat. Kompetensi tersebut hendaknya diikuti dengan pengembangan profesional secara berkelanjutan sehingga mampu memberikan sumbangsihnya terhadap produktivitas karya publikasi ilmiah dan karya inovatif yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sebagai bentuk peningkatan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh antar variabel yaitu pengaruh langsung (1) pengembangan profesional terhadap komitmen kerja (2) pengembangan profesional terhadap kualitas pembelajaran (3) pengembangan profesional terhadap produktivitas karya publikasi ilmiah (4) pengembangan profesional terhadap karya inovatif (5) komitmen kerja terhadap produktivitas karya publikasi ilmiah (6) komitmen kerja terhadap karya inovatif (7) komitmen kerja terhadap kualitas pembelajaran (8) produktivitas karya publikasi ilmiah terhadap kualitas pembelajaran 9) karya inovatif terhadap kualitas pembelajaran pengaruh tidak langsung (10) karya inovatif memediasi pengaruh pengembangan profesional terhadap kualitas pembelajaran (11) karya inovatif memediasi pengaruh komitmen kerja terhadap kualitas pembelajaran dan pengaruh simultan (12) pengembangan profesional dan komitmen kerja terhadap karya inovatif (13) pengembangan profesional produktivitas karya publikasi ilmiah karya inovatif dan komitmen kerja terhadap kualitas pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan lima variabel yang terdiri dari (1) variabel bebas (eksogen) yaitu pengembangan profesional ( produktivitas karya publikasi ilmiah ( komitmen kerja ( dan (2) variabel terikat (endogen) yaitu karya inovatif (M) dan kualitas pembelajaran guru (Y). Populasi pada penelitian ini adalah guru kelas 4 5 dan 6 Sekolah Dasar di 33 kecamatan yang berada di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sebanyak 3.387 guru baik Aparatur Sipil Negara (ASN) Guru Tidak Tetap (GTT) maupun Guru Tetap Yayasan (GTY). Sampel penelitian dengan menggunakan teknik Area Sampling dan Random Sampling pada 33 kecamatan baik yang berada di wilayah pedesaan transisi dan perkotaan. Sampel penelitian dengan menggunakan rumus Slovin yang diperoleh 358 guru. Pembagian lokasi penelitian diambil secara Proporsional Random Sampling kemudian dilanjutkan dengan teknik Random Sampling pada masing-masing kecamatan diperoleh 20 sekolah dasar dengan jumlah responden sebanyak 60 guru kelas 4 5 dan 6. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data dengan (1) statistik deskriptif (2) analisis Structural Equation Modeling (SEM) dan (3) uji hipotesis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) pengembangan profesional berpengaruh terhadap komitmen kerja (2) pengembangan profesional berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran (3) pengembangan profesional berpengaruh terhadap produktivitas karya publikasi ilmiah (4) pengembangan profesional berpengaruh terhadap karya inovatif (5) komitmen kerja berpengaruh terhadap produktivitas karya publikasi ilmiah (6) komitmen kerja berpengaruh terhadap karya inovatif (7) komitmen kerja berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran (8) produktivitas karya publikasi ilmiah berpengaruh negatif terhadap kualitas pembelajaran (9) karya inovatif tidak berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran (10) karya inovatif tidak memediasi pengaruh pengembangan profesional terhadap kualitas pembelajaran (11) karya inovatif tidak memediasi pengaruh komitmen kerja terhadap kualitas pembelajaran (12) pengembangan profesional dan komitmen kerja berpengaruh terhadap karya inovatif (13) pengembangan profesional produktivitas karya publikasi ilmiah karya inovatif dan komitmen kerja berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Pengembangan profesional komitmen kerja dan kualitas pembelajaran guru dalam kategori cukup baik. Produktivitas karya publikasi ilmiah dan karya inovatif dalam kategori kurang baik. Kurangnya manajemen yang tepat berdampak pada masih banyaknya guru enggan meningkatkan kompetensinya dengan argumen yang beragam entah itu persoalan keterbatasan dana waktu kesibukan kurangnya motivasi diri dan merasa sudah memiliki kemampuan yang cukup dalam melaksanakan tugasnya. Kepala Sekolah Pengawas dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sebagai fasilitator motivator dan motor penggerak dapat memberikan motivasi arahan dan bimbingan dengan memberikan pelayanan kepada guru SD agar menghasilkan berbagai karya publikasi ilmiah karya inovatif sebagai wujud adanya peningkatan komitmen kerja dalam meningkatkan kualitas pembelajaran terutama dengan memprioritaskan pada wilayah pedesaan dan transisi agar terjangkau oleh semua guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161954

Actions (login required)

View Item View Item