Purwaningrum, Ribut (2019) Model struktural kesejahteraan psikologis guru bimbingan dan konseling / Ribut Purwaningrum. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Purwaningrum Ribut. 2019. Model Struktural Kesejahteraan Psikologis Guru Bimbingan dan Konseling. Disertasi Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Ed. (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (III) Dr. Triyono M.Pd. Kata Kunci kesejahteraan psikologis guru Bimbingan dan Konseling (BK) model struktural Profesi guru BK membentuk dua sisi mata uang. Satu sisi adalah sisi yang mampu memberikan manfaat sisi sebaliknya adalah sisi yang menggambarkan rasa takut dan membebani dengan banyaknya tuntutan yang dihadapi oleh Guru BK. Berdasarkan hal ini guru BK perlu memperhatikan kesejahteraan psikologis diri sehingga diharapkan dengan tingkat kesejahteraan psikologis yang tinggi guru BK mampu memberikan bantuan dengan lebih baik untuk siswa. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk kesejahteraan psikologis Guru BK. Berdasarkan kajian pustaka dan diskusi penelitian ini berfokus pada lima faktor pembentuk kesejahteraan psikologis Guru BK sebagai berikut a) mindfulness b) religiusitas c) keterampilan pemetaan tujuan d) dukungan sosial dan e) konsep diri Guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan faktor pembentuk kesejahteraan psikologis Guru BK melalui kajian empirik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional. Penelitian ini memiliki satu variabel dependen yaitu variabel kesejahteraan psikologis Guru BK dan lima variabel independen yaitu variabel a) mindfulness b) religiusitas c) keterampilan pemetaan tujuan d) dukungan sosial dan e) konsep diri Guru BK. Structural equational modeling (SEM) dipilih dalam penelitian ini sebagai metode statistik untuk menganalisis hasil penelitian. Hasil olah data statistik didukung oleh wawancara dengan beberapa sumber terkait. Populasi penelitian terdiri dari 1317 Guru BK SMA Negeri di Provinsi Jawa Tengah dengan sampel 208 Guru BK melalui teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian skala mindfulness religiusitas keterampilan pemetaan tujuan dukungan sosial konsep diri Guru BK dan kesejahteraan psikologis Guru BK. Hasil menunjukkan bahwa mindfulness tidak berpengaruh secara langsung terhadap kesejahteraan psikologis Guru BK ( 946 -0 042 (p 0 05)) mindfulness berpengaruh secara langsung terhadap konsep diri ( 946 0 453 (p0 05)) religiusitas berpengaruh terhadap konsep diri secara langsung ( 946 -0 382 (p
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/161951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |