Model hubungan faktor-faktor resiliensi akademik siswa: implikasi pada bimbingan dan konseling / Indriyana Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Model hubungan faktor-faktor resiliensi akademik siswa: implikasi pada bimbingan dan konseling / Indriyana Rachmawati

Rachmawati, Indriyana (2019) Model hubungan faktor-faktor resiliensi akademik siswa: implikasi pada bimbingan dan konseling / Indriyana Rachmawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rachmawati Indriyana. 2019. Model Hubungan Faktor-faktor Resiliensi Akademik Siswa Implikasi pada Bimbingan dan Konseling. Disertasi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor (1) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. Co-promotor (1) Dr. IM Hambali M.Pd. Co-promotor (II) Dr. Triyono M.Pd. Kata kunci resiliensi akademik structural equation model motivasi berprestasi Resiliensi merupakan konsep psikologis yang penting dalam bimbingan dan konseling. Resiliensi akademik siswa dipengaruhi oleh faktor-faktor baik internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini secara umum untuk menguji model hubungan faktor-faktor resiliensi akademik siswa sesuai dengan model empiris di lapangan. Secara khusus tujuan penelitian ini untuk (1) menguji hubungan antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik siswa (implikasi pada bimbingan dan konseling) (2) menguji hubungan antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik siswa (3) menguji hubungan antara dukungan sosial dengan harga diri siswa (4) menguji hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi siswa (5) menguji hubungan antara dukungan sosial dengan keyakinan diri siswa (6) menguji hubungan antara keyakinan diri dengan resiliensi akademik siswa (7) menguji hubungan antara keyakinan diri dengan harga diri siswa (8) menguji hubungan antara keyakinan diri dengan motivasi berprestasi siswa (9) menguji hubungan antara harga diri dengan resiliensi akademik siswa dan (10) menguji hubungan antara motivasi beprestasi dengan resiliensi akademik siswa. Metode penelitian ini adalah korelasi. Analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Sampel penelitian ini berjumlah 315 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan skala resiliensi akademik motivasi berprestasi dukungan sosial harga diri dan keyakinan diri dan dianalisis menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA) dan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model hubungan faktor-faktor resiliensi akademik siswa (implikasi pada bimbingan dan konseling) tidak berbeda dengan model empiris hasil analisis data di lapangan (2) harga diri memiliki hubungan dengan resiliensi akademik siswa (3) keyakinan diri memiliki hubungan dengan harga diri siswa (4) dukungan sosial memiliki hubungan dengan motivasi berprestasi siswa (5) dukungan sosial memiliki hubungan dengan keyakinan diri siswa. Penelitian ini menguatkan teori Gortberg terkait faktor-faktor yang mempengaruhi resiliensi terdiri dari dukungan eksternal (dukungan sosial) kekuatan dalam diri (keyakinan diri dan harga diri) dan kemampuan interpersonal. Hal ini ditunjukkan dengan adanya hubungan antara dukungan sosial dengan keyakinan diri kemudian keyakinan diri dengan harga diri dan harga diri dengan resiliensi akademik siswa. Peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa dan menambahkan faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini namun berpengaruh terhadap resiliensi akademik seperti budaya kondisi sosial ekonomi orang tua spiritual harapan dan keterampilan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161949

Actions (login required)

View Item View Item