Pengembangan model bimbingan kelompok agentik untuk meningkatkan perilaku prososial siswa sekolah menengah pertama / Rezki Hariko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model bimbingan kelompok agentik untuk meningkatkan perilaku prososial siswa sekolah menengah pertama / Rezki Hariko

Hariko, Rezki (2020) Pengembangan model bimbingan kelompok agentik untuk meningkatkan perilaku prososial siswa sekolah menengah pertama / Rezki Hariko. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesuksesan siswa mencapai tugas perkembangan pada aspek sosial salah satunya dipengaruhi oleh perkembangan perilaku prososial yang didefinisikan sebagai tindakan membantu berbagi dan menghibur secara sukarela anonim ataupun sebagai respon terhadap situasi yang menggugah secara emosional dan darurat yang dimaksudkan untuk memberikan manfaat atau menyejahterakan orang lain. Bukti-bukti empirik menunjukkan bahwa perilaku prososial berhubungan secara positif dengan prestasi belajar dan perkembangam positif serta bertindak sebagai protektor terhadap hasil perkembangan negatif sehingga perlu ditingkatkan oleh setiap siswa. Upaya peningkatan perilaku prososial siswa melalui layanan bimbingan dan konseling dapat dilakukan melalui kegiatan bimbingan kelompok dengan menerapkan perspektif agensi diri di mana siswa dibimbing dan distimulasi agar mampu memahami dan memutuskan untuk mengekspresikan perilaku prososial terhadap orang lain yang membutuhkan melalui upaya pengarahan diri secara langsung proksi dan kolektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model bimbingan kelompok agentik untuk meningkatkan perilaku prososial siswa SMP yang memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan. Penelitian menggunakan langkah-langkah menganalisis mendesain dan mengembangkan yang merupakan modifikasi dari model pengembangan ADDIE. Pengujian kevalidan model diperoleh berdasarkan penilaian ahli menggunakan skala akseptabilitas model sementara itu pengujian kepraktisan model diperoleh berdasarkan penilaian konselor sebagai pengguna menggunakan instrumen penilaian guru BK/konselor. Data hasil penilaian kevalidan dan kepraktisan model dianalisis menggunakan formula Aiken rsquo s V. Hasil analisis terhadap penilaian kevalidan model menunjukkan indeks kesepakatan ahli sebesar 0.86 dan berada pada kategori tinggi. Artinya model memiliki kevalidan yang tinggi sehingga layak untuk digunakan. Hasil analisis terhadap penilaian kepraktisan model menujukkan indeks kesepakatan pengguna sebesar 0.87 dan berada pada kategori tinggi. Artinya model memiliki kepraktisan yang tinggi sehingga menarik bermanfaat dan mudah untuk digunakan. Disimpulkan bahwa model bimbingan kelompok agentik untuk meningkatkan perilaku prososial siswa SMP memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan sehingga layak dan mudah untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada konselor untuk memanfaatkan model yang dikembangkan sebagai dasar peningkatan perilaku prososial siswa melalui pelaksanaan penelitian tindakan bimbingan dan konseling mengembangkan pemahaman teoritis tentang perilaku prososial dan agensi diri serta menyiapkan dan memahami pemanfaatan pendukung model agar dapat memperoleh hasil optimal dari penerapan model. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan uji coba kelompok kecil atau lapangan guna mengukur tingkat keefektifan model melakukan peninjauan ulang dan penyesuaian terhadap karakteristik dan kebutuhan siswa di daaerah berbeda ataupun pada jenis dan jenjang pendidikan berbeda dan menyesuaikan topik dan materi dengan kondisi sosial yang sedang terjadi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161946

Actions (login required)

View Item View Item