Implementasi pembelajaran ta'lim al muta'alim di MI Mambaul Ulum Gondanglegi Malang / Mujahidin Farid - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran ta'lim al muta'alim di MI Mambaul Ulum Gondanglegi Malang / Mujahidin Farid

Farid, Mujahidin (2020) Implementasi pembelajaran ta'lim al muta'alim di MI Mambaul Ulum Gondanglegi Malang / Mujahidin Farid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan karakter di setiap lembaga pendidikan harus berpijak pada ideologi Pancasila sebagai nilai luhur bangsa Indonesia. Selanjutnya nilai ndash nilai yang masih abstrak tersebut diterjemahkan menjadi nilai-nilai yang lebih luas dan rinci sesuai dengan kebutuhan kondisi dan lingkungan sekolah itu sendiri. Bersamaan dengan itu terdapat sebuah sekolah yang mengembangkan pendidikan karakter dengan istilah Ta rsquo lim. Di dalamnya dipelajari beberapa hal diantaranya bagaimana menghormati guru bagaimana cara belajar agar mudah menguasai pelajaran di sekolah sampai hal ndash hal yang dianjurkan dan dilarang dalam belajar secara detail. Dengan kata lain Ta rsquo lim merupakan instrumen yang digunakan sekolah ini dalam mencetak siswa yang memiliki karakter tertentu. Penelitian ini memiliki fokus masalah yaitu untuk mendeskripsikan 1) perencanaan 2) pelaksanaan dan 3) evaluasi pembelajaran Ta rsquo lim di MI Mambaul Ulum Gondanglegi Malang. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang berinteraksi secara langsung dengan sumber data. Data dalam penelitian ini adalah segala informasi yang dikumpulkan tentang Pembelajaran. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah 2 guru pengampu Ta rsquo lim kepala sekolah orang tua siswa dokumen kurikulum dan lembaga terkait yang memiliki hubungan dengan Pembelajaran Ta rsquo lim. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Peneliti bertindak sebagai instrument. Adapun langkah validasi data peneliti melakukan ketekunan pengamatan pemeriksaan sejawat melalui diskusi dan triangulasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap prapenelitian tahap pelaksanaan penelitian dan tahap akhir penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut ditemukan 3 simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama proses pengembangan pembelajaran Ta rsquo lim dimulai guru menyusun perangkat pembelajaran terlebih dahulu di setiap awal tahun pelajaran. Kedua di dalam pembelajaran Ta rsquo lim dikembangkan 5 nilai karakter luhur. Kelima nilai tersebut mencakup 1) religius 2) lemah lembut 3) menghormati orang tua 4) suka bermusyawarah dan 5) peduli sesama teman. Ketiga terdapat kegiatan evaluasi harian tengah semester dan akhir semester dalam pembelajaran Ta rsquo lim.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161944

Actions (login required)

View Item View Item