Penerimaan sosial lingkungan inklusi terhadap siswa berkebutuhan khusus di SDN 1 Pesanggerahan / Rizka Riana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerimaan sosial lingkungan inklusi terhadap siswa berkebutuhan khusus di SDN 1 Pesanggerahan / Rizka Riana

Riana, Rizka (2019) Penerimaan sosial lingkungan inklusi terhadap siswa berkebutuhan khusus di SDN 1 Pesanggerahan / Rizka Riana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa berkebutuhan khusus berhak mendapatkan pendidikan. Hal itu sesuai amanat Undang-undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat (1) setiap warga negara berhak mendapat pendidikan dan (2) setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dan pemerintah wajib membiayainya sehingga terbentuklah pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang menerima siswa reguler maupun berkebutuhan khusus untuk belajar di sekolah yang sama. Namun fakta menunjukkan bahwa meskipun lingkungan sekolah sudah dinyatakan sebagai lingkungan inklusi masih ada warga sekolah yang tidak dapat menerima siswa berkebutuhan khusus. Hal itu ditandai dengan adanya kasus-kasus perundungan terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah baik dalam bentuk lisan maupun fisik. Padahal penerimaan terhadap siswa berkebutuhan khusus ini sangat penting artinya bagi mereka. Hasil observasi awal di SDN 1 Pesanggerahan menunjukkan bahwa banyak siswa berkebutuhan khusus yang diterima di sekolah tersebut mulai dari kategori ringan sampai berat. Pelaksanaan pendidikan inklusi di sekolah tersebut juga masih terdapat banyak kendala. Adanya kendala tersebut dapat mempengaruhi penerimaan terhadap siswa berkebutuhan khusus yang perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan inklusi di SDN 1 Pesanggerahan penerimaan sosial lingkungan inklusi sekolah terhadap siswa berkebutuhan khusus di SDN 1 Pesanggerahan dan faktor pendukung dan penghambat penerimaan sosial lingkungan inklusi terhadap siswa berkebutuhan khusus di SDN 1 Pesanggerahan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Sumber data penelitian ini berupa sumber data insani dan non insani. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik. Derajat kepercayaan didapat melalui triangulasi sumber triangulasi metode dan member check. Hasil penelitian yang diperoleh dari data wawancara mendalam onservasi dan studi dokumen menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan inklusi di SDN 1 Pesanggerahan sudah dilaksanakan secara optimal. Para guru sudah menunjukkan upaya terbaik untuk melayani siswa berkebutuhan khusus dengan berbagai kondisi bahkan sampai pada kondisi siswa yang cukup berat. Meskipun demikian masih ada hambatan-hambatan yang belum dapat diatasi. Hambatan ini muncul terutama dari kondisi sekolah yang kurang memadai untuk siswa berkebutuhan khusus melakukan aktivitas. Siswa berkebutuhan khusus juga sudah cukup diterima di sekolah ini. Secara umum kepala sekolah dan para guru menerima para siswa berkebutuhan khusus dengan baik. Para siswa reguler juga dapat menerima temannya yang berkebutuhan khusus dengan baik. Namun masih ada celah beberapa orang tua siswa yang kurang dapat menerima apabila anaknya berteman dengan siswa berkebutuhan khusus terutama di kelas awal. Masih ada stigma negatif juga yang diterima oleh para siswa berkebutuhan khusus. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada faktor pendukung dan penghambat dalam penerimaan siswa berkebutuhan khusus di SDN 1 Pesanggerahan. Faktor pendukung dan penghambat ini datang dari berbagai pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161943

Actions (login required)

View Item View Item