pengembangan multimedia interaktif berbasis gamifikasi muatan kearifan lokal madura subtema indahnya keberagaman budaya negeriku kelas iv madrasah ibtidaiyah / abqori vigar el afif - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan multimedia interaktif berbasis gamifikasi muatan kearifan lokal madura subtema indahnya keberagaman budaya negeriku kelas iv madrasah ibtidaiyah / abqori vigar el afif

Afif, Abqori Vigar El Afif (2021) pengembangan multimedia interaktif berbasis gamifikasi muatan kearifan lokal madura subtema indahnya keberagaman budaya negeriku kelas iv madrasah ibtidaiyah / abqori vigar el afif. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran tematik pada jenjang sekolah dasar bersifat kontekstual materi yang diajarkan dikaitkan dengan kehidupan nyata di lingkungan sekitar siswa. Akan tetapi materi tentang kebudayaan pada buku terbitan kemendikbud masih berskala nasional. Karakteristik siswa kelas IV masih berada pada fase operasional konkret. Sehingga guru memerlukan multimedia interaktif yang berisi materi kearifan lokal yang dilengkapi dengan gambar dan video sesuai dengan karaktiristik siswa. Unsur-unsur gamifikasi digunakan pada multimedia interaktif agar dapat menarik minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis gamifikasi muatan kearifan lokal Madura yang layak praktis menarik dan efektif pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu Lee amp Owens (2004). Model penelitian ini memiliki 5 tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah yang berjumlah 26. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi wawancara dan angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Hasil produk yang sudah dikembangkan yaitu multimedia interaktif berbasis gamifikasi muatan kearifan lokal Madura dan buku petunjuk penggunaan. Adapun format multimedia interaktif yang sudah dikembangkan berupa file (.exe) dan (.apk). File aplication multimedia interaktif disimpan dalam compack disk (CD) dan flashdisk supaya mempermudah meng-copy file pada perangkat komputer yang lainnya. File aplikasi android (.apk) di upload ke google drive kemudian link yang sudah tersedia dapat dishare untuk mempermudah pengguna untuk mendownload aplikasi. Penyajian materi yang terdapat dalam multimedia interaktif yaitu mata pelajaran IPS yang terintegrasi dengan pelajaran yang lainnya seperti Bahasa Indonesia PPKn dan SBdP. Pada mata pelajaran IPS berisi materi tentang Kerapan Sapi Sapi Sono rsquo Tari Topeng Ghettak Tari Ronding dan Tari Muang Sangkal. Tampilan visual multimedia interaktif terdiri dari animasi pembuka menu utama menu profil pengembang menu petunjuk penggunaan menu kompetensi dasar indikator tujuan daftar pustaka menu materi dan menu mulai. Berdasarkan hasil implementasi produk pada kelas IV MI Nururrahmah produk multimedia interaktif berbasis gamifikasi muatan kearifan lokal Madura sangat layak praktis menarik dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 16 Dec 2022 03:42
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161939

Actions (login required)

View Item View Item