penerapan model picture and picture dengan media flash card dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa kelas 3 sdn bandungrejosari 2 malang / ninik nurwijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

penerapan model picture and picture dengan media flash card dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa kelas 3 sdn bandungrejosari 2 malang / ninik nurwijayanti

Nurwijayanti, Ninik Nurwijayanti (2021) penerapan model picture and picture dengan media flash card dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa kelas 3 sdn bandungrejosari 2 malang / ninik nurwijayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nur Wijayanti Ninik. 2020. Penerapan Model Picture and Picture Berbantuan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas 3 SDN Bandungrejosari 2 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil M.Si (II) Dr. Suharti M.Si. Kata kunci Picture and Picture Flashcard Motivasi Pemahaman Konsep Proses kegiatan belajar tidak lepas dari keberadaan guru. Tanpa keberadaan guru maka proses belajar sulit dilakukan apalagi pendidikan formal guru menjadi bagian vital merupakan tenaga profesional memiliki peran aktif dalam pelaksanaan pendidikan mencapai tujuan pendidikan. Beberapa kondisi riil di lapangan ditemukan bahwa kegiatan pembelajaran masih dilakukan secara monoton masih menggunakan metode pembelajaran yang berkisar pada penugasan ceramah dan tanya jawab. Model semacam ini cenderung menempatkan siswa sebagai objek sehingga siswa cenderung mendengarkan mencatat dan mengerjakan tugas yang tentunya jauh dari kesan inovatif dan menyenangkan dan akhirnya berdampak pada kurang kreatifnya siswa minimnya kemampuan berpikir kritis kurang inovatif dan mengakibatkan tingkat penguasaan yang penalaran yang rendah dan nilai siswa yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini yaitu Penerapan model Picture and Picture berbantuan media Flash Card diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar kelas 3 SDN Bandungrejosari 2 Malang. Hasil penelitian dengan menerapkan model Picture and Picture berbantuan Media Flash Card diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa SDN Bandungrejosari 2 Malang. Karena pembelajaran dilaksanakan secara daring maka penggunaan media flash card digunakan siswa juga tidak bisa dipantau secara langsung oleh guru sehingga guru terbatas pada pemberian panduan cara memanfaatkan flash card yang telah dibagikan kepada siswa. Selama penggunaan media flash card tidak ada pertanyaan tentang cara menggunakannya sehingga guru tidak bisa memantau apakah peserta didik mengalami kesulitan atau tidak dalam menggunakan media tersebut. Media flash card dimainkan siswa dengan anggota keluarga ada tetapi sudah diberikan kunci jawaban dari permainan yang menggunakan flash card tersebut. Siklus I motivasi siswa menunjukkan data 80% siswa memiliki motivasi sedang dan hasil belajar yang dicapai baru 61%. Siklus II penerapan model picture and picture berbantuan media flash card telah menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 3. Pada siklus II peningkatan motivasi siswa mencapai 29% dengan kategori Tinggi. Hasil belajar juga menunjukkan prestasi yang baik yaitu mencapai tingkat keberhasilan sebesar 89 %. Hal ini menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada siklus II dan sudah mencapai indikator yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161936

Actions (login required)

View Item View Item