pengembangan bahan ajar tematik berbasis budaya lokal kabupaten maluku tengah untuk kelas iv sekolah dasar / greace greselva metekohy - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan bahan ajar tematik berbasis budaya lokal kabupaten maluku tengah untuk kelas iv sekolah dasar / greace greselva metekohy

Metekohy, Greace Greselva Metekohy (2021) pengembangan bahan ajar tematik berbasis budaya lokal kabupaten maluku tengah untuk kelas iv sekolah dasar / greace greselva metekohy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Budaya lokal merupakan sebuah kebiasaan atau tradisi yang sudah tertanam dan berkembang dalam kelompok masyarakat. Budaya mencakup bahasa adat istiadat tarian aktifitas sosial dan juga ekonomi. Namun seiring berjalannya waktu nilai-nilai budaya tersebut banyak yang mulai berubah dan bahkan terlupakan. Budaya lokal perlu dilestarikan secara terus-menerus agar tetap terjaga dari setiap generasi ke generasi. Pelestarian budaya lokal dapat dilakukan sejak dini dimulai dari pembelajaran di SD dan buku-buku teks berbasis budaya lokal. salah satunya dengan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik lingkungan tempat tinggal siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu mengembangkan bahan ajar tematik berbasis budaya lokal Kabupaten Maluku Tengah pada siswa kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan efektif dan melakukan validitas dan uji coba untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan dari bahan ajar yang dikembangkan sehingga dapat digunakan oleh siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan research and Development (R amp D). Model pengembangan yang digunakan yaitu 4-D yang terbagi atas empat langkah yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop dan (4) Disseminate. Analisis data yang diginakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli desain. Uji Keefektifan Bahan Ajar Tematik dilakukan uji coba dalam dua tahap yakni uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket lembar observasi dan tes. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang valid dan dapat digunakan.. Persentase hasil validasi ahli materi yang dihitung menggunkan rumus Aiken V memperoleh isi atau materi buku guru dan buku siswa Valid. Sedangkan persentase hasil validasi ahli desain pada buku siswa sebesar 95% dan buku guru 95%. Keefektifan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 84%. Kemenarikan produk yang dikembangkan berdasarkan uji coba kelompok kecil yaitu 96%. Sedangkan keefektifan produk uji coba lapangan sebesar 100%. Keefektifan sebelum menggunakan produk yang dikembangkan menunjukan nilai rata-rata siswa 65 81 dan sesudah menggunakan produk nilai rata-rata siswa secara klasikal meningkat menjadi 89 9. Berdasarkan keseluruhan uji coba lapangan maka dapat dikatakan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi tingkat kevalidan dan keefektifan untuk digunakan sebagai sumber belajar di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161935

Actions (login required)

View Item View Item