efektivitas learning cycle 3e berkonteks socioscientific issues terhadap pemahaman konsep siklus air dan penjelasan ilmiah siswa kelas v sd / dita setya arini - Repositori Universitas Negeri Malang

efektivitas learning cycle 3e berkonteks socioscientific issues terhadap pemahaman konsep siklus air dan penjelasan ilmiah siswa kelas v sd / dita setya arini

Arini, Dita Setya Arini (2021) efektivitas learning cycle 3e berkonteks socioscientific issues terhadap pemahaman konsep siklus air dan penjelasan ilmiah siswa kelas v sd / dita setya arini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan sains dan teknologi memberi dampak positif dan negatif. Kondisi ini memaksa seseorang memiliki kemampuan literasi sains agar tanggap terhadap perubahan lingkungan dengan pemikiran yang ilmiah. Rendahnya kemampuan literasi sains siswa Indonesia karena kurangnya kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep ke dalam situasi nyata dengan penjelasan ilmiah yang sesuai bukti. Pembelajaran berbasis penyelidikan seperti Learning Cycle 3E dapat membantu siswa untuk mengaplikasikan konsep ke dalam situasi baru. Integrasi Socioscientific Issues (SSI) ke dalam pembelajaran dapat membantu siswa untuk memahami situasi nyata di lingkungan. Oleh karena itu perlu dikembangkan kemampuan pemahaman konsep dan penjelasan ilmiah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model learning cycle 3E berkonteks SSI learning cycle 3E dan pembelajaran konvensional (2) perbedaan kemampuan penjelasan ilmiah antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model learning cycle 3E berkonteks SSI learning cycle 3E dan pembelajaran konvensional dan (3) hubungan antara penjelasan ilmiah dengan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan quasy experimental posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini convenience sampling. Sampel yang digunakan adalah dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Dua kelas V di SD Negeri A sebagai kelas eksperimen 1 (n 20) dengan intervensi learning cycle 3E berkonteks SSI dan kelas eksperimen 2 (n 20) dengan intervensi learning cycle 3E. Sedangkan satu kelas V di SD Negeri B merupakan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Analisis kemampuan awal ketiga kelas menunjukkan tidak ada beda. Instrumen tes pemahaman konsep siklus air (20 pilihan ganda) dan penjelasan ilmiah (5 essay) valid dan reliabel. Penjelasan ilmiah diuji menggunkan Cohen Kappa untuk menghindari subjektivitas jawaban. Hasil uji inter rater nilai koefisien kappa 0 784 gt 0 6. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil posttest pemahaman konsep dan penjelasan ilmiah di ketiga kelas dianalisis menggunakan anova. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh tiga kesimpulan. (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa di kelas learning cycle 3E berkonteks SSI learning cycle 3E dan konvensional dengan nilai signifikan 0 000 lt 0 05. Hasil uji effect size menunjukkan bahwa model learning cycle 3E berkonteks SSI memberi efek yang tinggi dibanding dengan kelas konvensional untuk meningkatkan pemahaman konsep. Sedangkan model learning cycle 3E berkonteks SSI dibanding dengan learning cycle 3E memberi efek sedang. (2) Terdapat perbedaan penjelasan ilmiah antara siswa di kelas learning cycle 3E berkonteks SSI learning cycle 3E dan konvensional dengan nilai signifikan 0 000 lt 0 05. Berdasarkan Taksonomi SOLO terdapat 9 siswa yang mampu menyusun penjelasan ilmiah sampai tahap extended abstract di kelas learning cycle 3E berkonteks SSI. Hasil uji effect size menunjukkan bahwa model learning cycle 3E berkonteks SSI memberi efek yang tinggi dibanding dengan kelas konvensional untuk meningkatkan penjelasan ilmiah. Sedangkan model learning cycle 3E berkonteks SSI dibanding dengan learning cycle 3E memberi efek sedang. (3) Terdapat korelasi atau hubungan yang kuat signifikan dan searah antara pemahaman konsep dan penjelasan ilmiah. Besar korelasi pemahaman konsep siklus dan penjelasan ilmiah sebesar 0 694. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan learning cycle 3E dan SSI dapat diterapkan pada materi sains yang lain untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan penjelasan ilmiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161933

Actions (login required)

View Item View Item