pengembangan buku ajar tematik berbasis kearifan lokal tentang keragaman budaya untuk siswa kelas iv sdn 1 sukorejo gondanglegi malang / wahibus shomad - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan buku ajar tematik berbasis kearifan lokal tentang keragaman budaya untuk siswa kelas iv sdn 1 sukorejo gondanglegi malang / wahibus shomad

Shomad, Wahibus Shomad (2021) pengembangan buku ajar tematik berbasis kearifan lokal tentang keragaman budaya untuk siswa kelas iv sdn 1 sukorejo gondanglegi malang / wahibus shomad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shomad Wahibus. 2021. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal Tentang Keragaman Budaya untuk Siswa Kelas IV SDN 1 Sukorejo Gondanglegi Malang. Tesis Program Studi S2 ndash Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari Sapto M.Hum. (II) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan buku ajar kearifan lokal keragaman budaya. Kurikulum 2013 memiliki ciri pembelajaran tematik dan terpadu yang pelaksanaannya menggunakan tema untuk memadukan berbagai mata pelajaran agar pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Kurikulum 2013 menerapkan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan guru berperan sebagai fasilator. Kemampuan guru merancang kegiatan pembelajaran yang kreatif merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan. Berdasarkan analisis kebutuhan ditemukan beberapa kendala yaitu 1) buku ajar yang digunakan siswa hanya buku ajar yang diperoleh dari pemerintah yaitu buku tematik yang diterbitkan oleh Kemendikbud 2) pembelajaran berpusat pada guru 3) siswa cenderung bosan dan membuat kegiatan sendiri 4) guru belum menggunakan kemampuannya melakukan inovasi dalam buku ajar dan (5) materi dalam buku ajar belum benar-benar menggambarkan lingkungan sekitar siswa. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan buku ajar berbasis kearifan lokal tentang keragaman budaya yang valid menarik praktis dan efektif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Adapun pengembangan buku ajar menggunakan model ADDIE. ADDIE adalah akronim dari Analysis (menganalisis) Design (merancang) Development (mengembangkan) Implementation (menerapkan) dan Evaluation (mengevaluasi). Hasil penelitian diketahui bahwa kevalidan produk mendapat persentase skor 90 66% dengan kriteria sangat valid. Hasil kemenarikan produk mendapat persentase skor 95 60% dengan kriteria sangat menarik. Hasil kepraktisan produk mendapat persentase skor 96 75% dengan kriteria sangat praktis dan hasil keefektifan produk berdasarkan hasil rata-rata nilai pretest mendapat skor 54 94 meningkat menjadi 82 06 pada nilai rata-rata posttest. Saran bagi pengguna buku ajar ini bisa digunakan sebagai buku penunjang dalam pembelajaran dengan menyesuaikan kearifan di daerah Gondanglegi. Untuk peneliti selanjutnya agar mengembangkan produk pada subtema yang lebih luas yang berdasar pada kebutuhan siswa tentang kedalaman materi serta berorientasi pada kearifan lokal di daerah sekitar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161929

Actions (login required)

View Item View Item