peran guru dan orang tua dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi google classroom di sekolah dasar / aulina maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

peran guru dan orang tua dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi google classroom di sekolah dasar / aulina maghfiroh

Maghfiroh, Aulina Maghfiroh (2021) peran guru dan orang tua dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi google classroom di sekolah dasar / aulina maghfiroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maghfiroh Aulina. 2021. Peran Guru dan Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Google Classroom di Sekolah Dasar. Tesis Program Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika Rudijanto Wahju Wardhana M.A. M.Si. (2) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci Peran Guru Peran Orang Tua Pembelajaran Jarak Jauh Aplikasi Google Classroom. Pembelajaran yaitu proses interaksi yang terjadi antara guru dan siswa. Saat interaksi dua arah terjadi maka akan terjadi timbal balik antara keduanya yang akan membuat pembelajaran hidup. Untuk menciptakan interaksi yang baik dibutuhkan peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Dalam pembelajaran jarak jauh siswa juga membutuhkan dukungan dari orang tua serta keluarga yang berperan untuk mendampingi dan memenuhi kebutuhannya dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu solusi agar guru tetap dapat melakukan pembelajaran di kelas meskipun secara jarak jauh yaitu dengan memanfaatkan aplikasi google classroom. Dalam pembelajaran ini peran guru serta peran orang tua sangat dibutuhkan agar pembelajaran tersebut lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan peran guru dan peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi google classroom di SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memilih 2 guru dan 6 orang tua sebagai subjek penelitian. Pemilihan subjek penelitian disesuaikan dengan kriteria yang sudah ditetapkan dalam penelitian ini. Instrumen yang diterapkan yaitu pedoman observasi serta pedoman wawancara untuk menerapkan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Setelah data didapat data dianalisis menggunakan alur analisis data interaktif dari Miles amp Huberman. Hasil dari penelitian ini yaitu guru SD yang memanfaatkan aplikasi google classroom untuk menerapkan pembelajaran jarak jauh telah melakukan perannya dengan baik. Guru telah merancang pembelajaran sebelum memulai pembelajaran. Setelah rancangan RPP pembelajaran di buat guru mengimplementasikan RPP tersebut dalam proses pembelajaran meskipun tidak sepenuhnya terlaksana. Setelah itu guru melakukan penilaian untuk mengetahui pemahaman siswa dan menganalisisnya. Kemudian guru melakukan tindak lanjut dengan melakukan remedial terhadap siswa yang masih belum memahami pembelajaran yang diberikan. Orang tua juga berusaha memenuhi perannya dengan baik. Orang tua telah mengawasi anaknya saat kegiatan belajar membantu anak untuk mengatasi kesulitan belajarnya menyediakan fasilitas dan sumber belajar serta terlibat langsung dalam mengerjakan tugas anak. Namun tidak semua orang tua telah memerankan perannya. Karena kesibukan orang tua dalam hal lain dan keterbatasan ekonomi membuat beberapa peran tidak dapat dilakukan orang tua. Hal tersebut cukup berdampak bagi pembelajaran siswa yang hasilnya orang tua yang tidak optimal dalam memerankan perannya membuat siswa juga tidak optimal dalam pembelajaran. Namun keterlibatan orang tua yang terlalu banyak dalam menjawab tugas siswa akan merugikan siswa seharusnya orang tua hanya membimbing dan mengarahkan lalu membiarkan siswa mengerjakan sendiri. Peran guru serta peran orang tua mempunyai hubungan erat dalam pembelajaran anak. Agar guru dapat memberikan pembelajaran yang efektif maka orang tua harus menyediakan fasilitas serta sumber belajar yang dibutuhkan. Selain itu karena pembelajaran dilakukan dari rumah orang tua juga harus berperan untuk mengawasi dan membantu kesulitan anak. Saat peran keduanya dapat dijalankan dengan baik maka pembelajaran akan optimal dan tujuan belajar anak akan tercapai. Dari uraian tersebut disimpulkan bahwa peran guru dan peran orang tua sangat dibutuhkan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi google classroom. Peran guru akan membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan dan peran orang tua dapat membuat anak memahami pembelajaran dan dapat mengatasi kesulitan belajarnya. Saran untuk guru agar dapat menjalankan perannya dalam melaksanakan pembelajaran yang baik dan untuk orang tua agar dapat melakukan perannya dalam memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161928

Actions (login required)

View Item View Item