asesmen dalam pembelajaran menulis karangan narasi di sd (assessment for learning) / nulice alerbitu - Repositori Universitas Negeri Malang

asesmen dalam pembelajaran menulis karangan narasi di sd (assessment for learning) / nulice alerbitu

Alerbitu, Nulice Alerbitu (2021) asesmen dalam pembelajaran menulis karangan narasi di sd (assessment for learning) / nulice alerbitu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alerbitu Nulice. 2021. Asesmen Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi di SD (Assessment for Learning). Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Titik Harsiati M.Pd. (II) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. Kata Kunci pembelajaran menulis karangan narasi assessment for learning Assessment for learning dan pembelajaran menulis karangan narasi merupakan satu kesatuan yang dilaksanakan secara bersama dalam waktu yang sama. Asesmen yang dilakukan guru membantu siswa untuk mampu menuangkan hasil pemikiran yang berkaitan dengan peristiwa yang pernah dialami siswa dan mengembangkan menjadi suatu karangan dalam bentuk tulisan yang bermakna untuk disampaikan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis karangan narasi pelaksanaan asesmen untuk belajar yang dilakukan guru dan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menulis karangan narasi yang dilakukan guru berdasarkan asesmen membantu siswa untuk belajar memberikan kesempatan untuk siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Asesmen yang dilakukan guru berupa model bertanya yang efektif guru memberikan balikan terhadap hasil tulisan karangan narasi siswa. Balikan yang dilakukan guru membantu siswa dalam melakukan perubahan terhadap hasil tulisan karangan. Asesmen yang dilakukan guru membuat adanya timbal balik yang aktif antara guru dan siswa dan memberikan kesempatan untuk siswa meningkatkan kemampuam dalam menulis karangan narasi. Melalui asesmen dalam proses pembelajaran menulis karangan narasi hasil tes kemampuan menulis karangan narasi 22 siswa kelas V termasuk kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161925

Actions (login required)

View Item View Item