Arsyad, M. Ziyan Takhqiqi Arsyad (2021) nilai-nilai antropologis novel mata di tanah melus dan potensi pemanfaatannya sebagai teks bacaan bermuatan budaya / m. ziyan takhqiqi arsyad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji unsur-unsur kebudayaan dalam novel Mata di Tanah Melus. Unsur kebudayaan dalam penelitian ini mencakup (1) bahasa (2) sistem teknologi (3) sistem pengetahuan (4) sistem kemasyarakatan (5) sistem mata pencaharian (6) sistem religi dan (7) kesenian. Penelitian ini adalah penelitian antropologi sastra dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini adalah gambaran mengenai unsur-unsur kebudayaan yang dikemukakan oleh Koentjaraningrat yang terdapat pada kutipan berupa narasi dialog dan monolog. Sumber data penelitian ini adalah novel anak Mata di Tanah Melus yang latar tempat adalah kabupaten Belu yang merupakan daerah yang sejak dulu dihuni oleh suku Melus. Peneliti memposisikan novel tersebut sebagai mimetik atau tiruan untuk mengkaji unsur-unsur kebudayaan di dalamnya. Peneliti menggunakan teknik teknik noninteraktif untuk mengumpulkan data dengan membaca novel dan menganalisisnya. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah membaca novel berulang kali mencatat unsur-unsur kebudayaan mengklasifikasi dan memberi kode pada unsur kebudayaan yang sudah ditemukan. Novel Mata di Tanah Melus ditulis oleh Madasari berdasarkan riset mendalam dan pengalaman langsung yang diceritakan dalam bentuk fiksi. Temuan pada penelitian ini adalah kutipan yang mendeskripsikan berbagai macam unsur kebudayaan suku Melus dalam novel Mata di Tanah Melus. Nilai antropologis dalam penelitian ini tercermin dari lokalitas yang ditemukan dari unsur-unsur kebudayaan suku Melus Unsur kebudayaan yang ditemukan dalam temuan tersebut menggambarkan secara representatif berbagai aspek lokalitas ciri-ciri suku Melus. Unsur-unsur kebudayaan setidaknya relevan sebagai (1) bahan penyusun materi ajar yang dapat dimodifikasi menjadi teks bacaan bermuatan budaya yang otentik (2) unsur kebudayaan yang di dalamnya terdapat nilai universal dan lokal dapat dijadikan sarana untuk membangun pemahaman akan penerimaan keragaman budaya. Kedua relevansi tersebut menunjukkan bahwa hasil penelitian ini berpotensi untuk diimplementasikan di sekolah dasar terutama pada pembelajaran IPS. Pemanfaatan hasil penelitian ini bisa berupa teks bacaan bermuatan yang disusun dari temuan penelitian ataupun dengan menggunakan novel tersebut sebagai bacaan utuh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/161922 |
Actions (login required)
View Item |