Pengaruh media puppet show terhadap kemampuan menyimak dan bercerita siswa kelas ii sekolah dasar / Zulfikar Nurhanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media puppet show terhadap kemampuan menyimak dan bercerita siswa kelas ii sekolah dasar / Zulfikar Nurhanani

Nurhanani, Zulfikar Nurhanani (0000) Pengaruh media puppet show terhadap kemampuan menyimak dan bercerita siswa kelas ii sekolah dasar / Zulfikar Nurhanani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berbahasa siswa dapat berkembang dengan baik apabila didukung oleh kemampuan guru dalam pemilihan metode model strategi dan teknik yang tepat dalam pembelajaran khususnya dalam pengembangan kemampuan menyimak dan bercerita. Hal yang melandasi tercapainya tujuan pembelajaran salah satunya adalah ketersediaan media dalam proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini ditunjang dengan penggunaan media Puppet Show. Penyajian seluruh materi guru menggunakan media Puppet Show sehingga diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan bercerita. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media puppet show terhadap kemampuan menyimak pengaruh media puppet show terhadap kemampuan bercerita dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pengaruh penggunaan media puppet show terhadap kemampuan menyimak dan bercerita siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi-Experiment). Desain eksperimen semu yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest and postest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang ditentukan melalui cluster sampling kelas eksperimen akan mendapat perlakuan dengan menggunakan bantuan media Puppet Show sedangkan untuk kelas kontrol tidak akan mendapat perlakuan dengan menggunakan media Puppet Show. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian kemampuan menyimak dan bercerita. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah tes kemampuan siswa dalam menyimak dan bercerita serta observasi perlakuan media puppet show. Pada analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media Puppet Show telah sesuai dengan langkah kegiatan yang dikembangkan (2) ada pengaruh dengan penggunaan media Puppet Show terhadap kemampuan menyimak dan bercerita siswa kelas II. Hal ini ditunjukkan dari nilai hasil signifikansi yang diperoleh dari posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 0 144 hasil signifikansi lebih kecil dari 0 05. Peneliti merekomendasikan untuk guru lebih dapat memberikan kontrol kepada siswa dalam pembelajaran menggunakan media ini serta kepada kepala sekolah untuk memberikan motivasi kepada guru dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah sehingga guru lebih kreatif dalam mengemas pembelajaran diluar seperti yang sudah dilaksanakan peneliti menggunakan media pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161921

Actions (login required)

View Item View Item