Pengaruh pembelajaran inkuiri dengan scaffolding terhadap penurunan miskonsepsi materi cahaya pada siswa kelas iv / DIMAS ABDI HAIDAR - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri dengan scaffolding terhadap penurunan miskonsepsi materi cahaya pada siswa kelas iv / DIMAS ABDI HAIDAR

Haidar, Dimas Abdi Haidar (0000) Pengaruh pembelajaran inkuiri dengan scaffolding terhadap penurunan miskonsepsi materi cahaya pada siswa kelas iv / DIMAS ABDI HAIDAR. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Haidar Dimas. Abdi. 2020. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri dengan Scaffolding terhadap Penurunan Miskonsepsi Materi Cahaya Pada Siswa Kelas IV. Tesis Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Lia Yuliati M.Pd. (2) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd. M.A. Kata kunci inkuiri dengan scaffolding miskonsepsi materi cahaya Pembelajaran IPA perlu diajarkan pada siswa SD agar dapat menguasai konsep untuk memahami fenomena alam yang terjadi. IPA dikonstruksi siswa dalam bentuk konsep-konsep yang berhubungan. Jika terdapat suatu konsep yang kurang dikuasai maka siswa akan kesulitan memahami fenomena secara keseluruhan yang akan berpengaruh pada pemerolehan konsep selanjutnya. Fakta yang seringkali terjadi di lapangan terdapat banyak siswa yang masih mengalami miskonsepsi dalam muatan pembelajaran IPA. Materi IPA yang sering terjadi miskonsepsi di SD adalah materi cahaya. Miskonsepsi harus dicegah sedini mungkin agar siswa dapat mempelajari konsep secara efektif pada jenjang selanjutnya. Pembelajaran Inkuiri dengan scaffolding merupakan bentuk pembelajaran yang memungkinkan siswa menemukan konsep melalui kegiatan ilmiah secara bermakna dengan serangkaian bantuan belajar. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penggunaan pembelajaran Inkuiri dengan scaffolding terhadap penurunan miskonsepsi materi cahaya pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan model eksperimen semu dengan desain Non-equivalent control-group. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian merupakan siswa kelas IV A (eskperimen) dan siswa Kelas IV B (kontrol) di SD Islam Surya Buana Malang yang memiliki kemampuan homogen berdasarkan uji homogenitas yang telah dilakukan. Data penelitian berupa miskonsepsi materi cahaya siswa pada pretest dan konsepsi pada posttest yang diperoleh dari hasil tes Three-tier. Berdasarkan hasil validasi empirik dan uji reliabilitas diperoleh bahwa 13 butir soal instrumen tes Three-tier memenuhi kriteria valid dan reliabel sehingga dapat digunakan dalam penelitian. Perolehan data miskonsepsi materi cahaya siswa dianalisis secara deskriptif. Untuk menguji pengaruh pembelajaran Inkuiri dengan scaffolding terhadap penurunan miskonsepsi siswa dilakukan analisis data uji Anacova terhadap nilai persentase miskonsepsi materi cahaya masing-masing individu di setiap kelas. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penurunan miskonsepsi siswa di kelas IV A yang menerapkan pembelajaran Inkuiri dengan scaffolding lebih signifikan dibanding siswa di kelas IV B yang menerapkan pembelajaran konvenional yaitu dengan selisih 10 7%. Hasil uji Anacova yang telah dilakukan menunjukan nilai sig. (Pvalue) lebih kecil dari taraf signifikansi alpha (0 006 lt 0 05). Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan pembelajaran Inkuiri dengan scaffolding terhadap penurunan miskonsepsi materi cahaya pada siswa kelas IV SD Islam Surya Buana Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161920

Actions (login required)

View Item View Item