Program gerakan literasi sekolah (gls) di sdn bunulrejo 1 kota malang / Octavia Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Program gerakan literasi sekolah (gls) di sdn bunulrejo 1 kota malang / Octavia Puspita Sari

Sari, Octavia Puspita Sari (0000) Program gerakan literasi sekolah (gls) di sdn bunulrejo 1 kota malang / Octavia Puspita Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ringkasan Sari Octavia Puspita. 2019. Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Bunulrejo 1 Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si. (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata Kunci Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Hasil observasi yang dilakukan di SDN Bunulrejo 1 Kota Malang ditemukan bahwa sekolah telah melaksanakan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sejak tahun 2016 hingga sekarang. Pelaksanaan dilakukan setiap hari senin hingga jumat selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Kegiatan literasi yang dilaksanakan pada semua kelas dimana pelaksanaan pada kelas tinggi dan kelas rendah berbeda. Tahap pelaksanaan pada program literasi ada 3 yaitu pembiasaan pengembangan dan pembelajaran. Kelas 1 dan 2 kegiatan literasi dilakukan pada tahap pembiasaan dan pengembangan sedangkan kelas 3 4 5 dan 6 kegiatan literasi dilakukan pada tahap pembiasaan pengembangan dan pembelajaran. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus ini bertujuan 1) mengetahui perencanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) 2) mengetahui pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan 3) mengetahui evaluasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Penelitian ini dilakukan di kelas 2 3 4 dan 5 SDN Bunulrejo 1 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan studi dokumentasi. Kegiatan observasi akan dilakukan di kelas dan perpustakaan saat siswa melaksanakan program literasi. Wawancara akan dilakukan dengan kepala sekolah guru kelas pustakawan dan siswa. Analisis data berupa analisis deskriptif dengan alur reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) perencanaan dilakukan dengan mengikuti berbagai pelatihan dan seminar yang diadakan oleh pemerintah 2) pelaksanaan dilakukan di setiap kelas setiap hari selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai dengan sarana dan prasarana yang sudah memadai dan 3) evaluasi dilakukan dengan cara diskusi mengenai pelaksanaan program literasi di masing-masing kelas. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program literasi yang dilakukan sudah baik karena sesuai dengan pedoman pelaksanaan yang diterbitkan oleh Pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161918

Actions (login required)

View Item View Item