Representasi soal berpikir tingkat tinggi pada penilaian akhir tahun sekolah dasar kota malang tahun 2018/2019 / MOHAMMAD ILHAM SAPUTRO - Repositori Universitas Negeri Malang

Representasi soal berpikir tingkat tinggi pada penilaian akhir tahun sekolah dasar kota malang tahun 2018/2019 / MOHAMMAD ILHAM SAPUTRO

Saputro, Mohammad Ilham Saputro (0000) Representasi soal berpikir tingkat tinggi pada penilaian akhir tahun sekolah dasar kota malang tahun 2018/2019 / MOHAMMAD ILHAM SAPUTRO. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah suatu kemampuan untuk berpikir pada tingkatan yang lebih tinggi daripada menghafal atau menceritakan kembali sesuatu yang diceritakan orang lain. Hasil analisis lapangan menunjukkan bahwa penggunaan penilaian High Order Thinking dalam pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian lain juga menunjukkan hasil bahwa pemahaman guru tentang Taksonomi Bloom tampaknya tidak mempengaruhi persepsi guru tentang keterampilan berpikir tingkat tinggi atau upaya guru untuk membuat pertanyaan dengan standar berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah mengetahui ragam tingkatan proses berpikir serta karakteristik HOTS pada soal penilaian akhir tahun sekolah dasar Kota Malang tahun 2018/2019.Tahap-tahap penelitian ini yaitu (a) pendahuluan (b) pengembangan instrumen (c) identifikasi soal Penilaian Akhir Tahun berdasarkan instrumen (d) mendeskripsikan gambaran ragam soal sesuai tingkatan proses berpikir (e) mendeskripsikan gambaran rumusan soal HOTS pada soal Penilaian Akhri Tahun. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal penilaian akhir tahun sekolah dasar Kota Malang tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil analisis data karakteristik HOTS pada soal penilaian akhir tahun sekolah dasar Kota Malang tahun 2018/2019 mayoritas adalah kategori analisis unsur yaitu sebanyak 53 soal sedangkan karakteristik stimulus yang mayoritas digunakan adalah jenis teks sebanyak 80 soal. Karakteristik jenis tipe soal yang mayoritas digunakan adalah bentuk pilihan ganda sebanyak 96 soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161917

Actions (login required)

View Item View Item