Implementasi pembelajaran jarak jauh daring mata pelajaran sejarah indonesia terhadap kesiapan guru dan kemandirian belajar siswa kelas x di smk telkom sandhy putra malang tahun pelajaran 2020-2021 / Fajar Setiyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran jarak jauh daring mata pelajaran sejarah indonesia terhadap kesiapan guru dan kemandirian belajar siswa kelas x di smk telkom sandhy putra malang tahun pelajaran 2020-2021 / Fajar Setiyawan

Setiyawan, Fajar Setiyawan (2021) Implementasi pembelajaran jarak jauh daring mata pelajaran sejarah indonesia terhadap kesiapan guru dan kemandirian belajar siswa kelas x di smk telkom sandhy putra malang tahun pelajaran 2020-2021 / Fajar Setiyawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran jarak jauh daring merupakan cara yang digunakan untuk menyampaikan pembelajaran secara tatap muka langsung kemudian dituangkan ke dalam bentuk virtual melalui internet. Pembelajaran daring merupakan media pembelajaran.yang dapat digunakan guru.untuk menyampaikan materi.pelajaran kepada peserta.didik selama masa pandemi covid-19.ini. Pelaksanaan pembelajaran.jarak jauh daring di SMK Telkom Sandhy Putra Malang masih dilakukan karena sekolah berada di area wilayah zona merah 80% peserta didik berasal dari luar kota proses pembelajaran harus tetap berlangsung. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran.jarak jauh daring pada mata pelajaran Sejarah.Indonesia terhadap kesiapan guru dan kemandirian belajar siswa kelas X di SMK Telkom Sandhy Putra Malang Tahun Pelajaran.2020-2021. Penelitian.ini.menggunakan.jenis pendekatan.kualitatif.deskriptif. Peneliti sebagai.instrumen.kunci yaitu.pengamat dan penggumpul data. .Lokasi. penelitian ini berada di SMK.Telkom Sandhy Putra.Malang. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah/.Waka Kurikulum .Guru Mata Pelajaran.Sejarah Indonesia dan 2.peserta didik. Teknik penggumpulan.data yang dilakukan yaitu observasi wawancara .dan dokumentasi. Analisa data menggunakan Miles and Huberman terdiri dari reduksi data penyajian data dan verifikasi/.penarikan kesimpulan. Pada keabsahan.data dilakukan dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan yaitu triangulasi.sumber. Hasil.penelitian yaitu menunjukkan bahwa kesiapan guru berjalan dengan baik dalam mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh daring dibuktikan dari. perencanaan .pelaksanaan .dan evaluasi yang dilakukan oleh guru. Kemandirian belajar siswa cukup menunjukkan indikator yang baik dibuktikan dengan adanya sikap percaya diri aktif disiplin dan tanggungjawab selama proses pembelajaran jarak jauh daring. Kendala teknis yang muncul yaitu adanya gangguan jaringan/koneksi internet pemborosan kuota delay gambar tidak muncul dan kesulitan berkoordinasi dalam mengerjakan tugas secara kelompok.Pembelajaran.jarak jauh daring menggunakan aplikasi Cisco Webex Meeting Learning Managemen System milik sekolah Google Classroom dan Whatsapp Group. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada sekolah sebagai bahan dalam mengambil.keputusan terkait. penyelenggaraan.pembelajaran.secara daring (online). .Kepada guru pengajar diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif. dan menyenangkan. seperti pembelajaran secara langsung dikelas. Kepada pemangku.kebijakan mampu.membuat dan mempertimbangkan.keputusan mengenai.pemberian.subsidi kuota kepada peserta didik yang.memiliki kondisi ekonomi lemah semasa pandemi.Covid-19 supaya mereka tetap dapat mengikuti kegiatan.pembelajaran secara daring tanpa memikirkan terbebani adanya pemborosan.kuota. Kepada peneliti selanjutnya mampu mengembangkan.penelitian lanjutan yang dapat.memberikan manfaat praktis terhadap pengajaran.mata pelajaran Sejarah Indonesia di sekolah selama masih diterapkannya.belajar dari rumah (school from home) .semasa adanya pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161916

Actions (login required)

View Item View Item