Rochmatin, Awalu (2020) Pengembangan modul "situs kubur kalang" untuk meningkatkan pemahaman dan inovasi pembelajaran sejarah pada MGMP sejarah Kabupaten Bojonegoro / Awalu Rochmatin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Guru menjadi rujukan pertama siswa didalam proses pembelajaran sehingga pemahaman pada materi sangatlah dibutuhkan oleh guru. Guru dituntut tidak hanya menguasai materi tetapi juga harus mampu untuk mengembangkan suatu bahan ajar media metode dan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Menghasilkan sebuah produk untuk Meningkatkan Pemahaman dan inovasi pembelajaran sejarah pada guru dalam forum MGMP Sejarah Kabupaten Bojonegoro yang memenuhi kelayakan produk bahan ajar yaitu valid dan praktis. . Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model Dick amp Carey (2001) yang terdiri dari sepuluh langkah kemudian prosedur tersebut disederhanakan menjadi delapan langkah pengembangan. Dalam penelitian ini data diperoleh dari hasil angket dan hasil tes kognitif. Pada penelitian awal masih dilakukan secara langsung namun pada observasi lapangan terjadi wabah pandemic yang tidak terprediksi sebelumnya sehingga penelitian dilanjutkan secara online. Hasil validasi menunjukkan 1) ahli validasi materi mendapatkan skor 66 6% yang menunjukkan kriteria ldquo valid rdquo 2) validasi ahli media/produk mendapatkan skor 98% yang menunjukkan kriteria ldquo sangat valid rdquo 3) hasil uji coba kelompok terbatas/kecil mendapatkan rerata kepraktisan oleh guru 83% dengan kriteria ldquo sangat praktis rdquo 4) hasil uji coba kelompok besar mendapatkan rerata kepraktisan oleh guru 83% dengan kriteria ldquo sangat praktis rdquo 5) hasil uji coba untuk peningkatan pemahaman menunjukkan bahwa guru mengalami peningkatan dalam memahami materi rerata presentase mengalami peningkatan dari 75% meningkat menjadi 87% 6) hasil uji coba untuk mengukur tingkat inovasi pembelajaran pada guru dengan presentase skor 79% sehingga tingkat inovasi pembelajaran dengan penggunaan modul situs kubur kalang efektif dan dapat digunakan oleh guru hal ini menunjukkan respon yang positif dari penggunaan modul situs kubur kalang di Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul ldquo situs kubur kalang rdquo di Bojonegoro dapat membantu guru dalam menyampaikan materi tentang peninggalan kebudayaan tradisi megalitik yang berada disekitar lingkungan tempat tinggalnya karena memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan sebagai bahan ajar berbentuk modul. Hal tersebut karena dapat menjadi salah satu referensi bahan ajar pada materi prasejarah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/161913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |