Pengaruh model pembelajaran experiential learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir reflektif kelas XI IPS di SMAK Kolese Santo Yusup Malang / Devi Ronata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran experiential learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir reflektif kelas XI IPS di SMAK Kolese Santo Yusup Malang / Devi Ronata

Ronata, Devi (2020) Pengaruh model pembelajaran experiential learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir reflektif kelas XI IPS di SMAK Kolese Santo Yusup Malang / Devi Ronata. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ronata Devi. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas XI IPS di SMAK Kolese Santo Yusup Malang. Tesis Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari Sapto M.Hum. (II) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E M.Si. Ak. Kata Kunci Model Pembelajaran Experiential Learning Kemampuan Berpikir Kritis Kemampuan Berpikir Reflektif. Model pembelajaran experiential learning merupakan model pembelajaran yang mengacu pada teori konstruktivistik. Melalui model pembelajaran ini siswa membangun pengetahuannya berdasarkan pengalaman yang diperoleh. Model pembelajaran ini diduga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. Faktor lain yang memengaruhi kemampuan berpikir reflektif siswa yaitu kemampuan berpikir kritis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap kemampuan berpikir reflektif (2) adakah pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir reflektif dan (3) adakah interaksi antara model pembelajaran experiential learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir reflektif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAK Kolese Santo Yusup Malang tahun ajaran 2020/2021. Adapun sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes angket dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua jalur dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif signifikan penggunaan model pembelajaran experiential learning terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa dalam pembelajaran sejarah (2) ada pengaruh positif signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa dalam pembelajaran sejarah dan (3) ada pengaruh positif signifikan interaksi antara model pembelajaran experiential learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa dalam pembelajaran sejarah. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal itu dikarenakan siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Selain itu siswa diberikan kesempatan untuk melakukan refleksi sehingga kemampuan berpikir reflektif siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru sejarah agar memperhatikan karakteristik perkembangan dan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menerapkan model pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat melakukan penelitian eksperimen dengan memadukan model pembelajaran experiential learning dengan variabel lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161912

Actions (login required)

View Item View Item