Pengembangan e-modul tentang rempah-rempah sebagai komoditas perdagangan dunia untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas xi-iis di sma rijan pacet mojokerto / INDUN RETNOWATI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul tentang rempah-rempah sebagai komoditas perdagangan dunia untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas xi-iis di sma rijan pacet mojokerto / INDUN RETNOWATI

Retnowati, Indun Retnowati (0000) Pengembangan e-modul tentang rempah-rempah sebagai komoditas perdagangan dunia untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas xi-iis di sma rijan pacet mojokerto / INDUN RETNOWATI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat belajar siswa kelas XI-IIS di SMA Rijan Pacet rendah hal ini terlihat pada saat observasi peneliti pada saat pembelajaran sejarah berlangsung. Siswa kurang kondusif dalam kelas hal ini terlihat ada siswa yang tidur mengobrol dengan teman bahkan ada yang keluar masuk kelas pada saat pelajaran berlangsung. Hasil pengisian angket tentang minat belajar siswa juga rendah yakni 32 8%. Sedangkan pengisian angket tentang kebutuhan siswa akan bahan ajar tambahan sebesar 52 5%. Bahan ajar yang diinginkan siswa kelas XI-IIS yakni bahan ajar yang menggunakan media elektronik. Dari permasalahan tersebut peneliti mengembangkan bahan ajar yang menggunakan media elektronik yakni e-modul berbasis flipbook dengan materi Rempah-rempah sebagai Komoditas Perdagangan Dunia rdquo untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan Borg n Gall yang terdiri dari 8 langkah yaitu Pengumpulan Data Perencanaan Pembuatan E-Modul Pengembangan produk awal E-Modul Validasi ahli materi dan Ahli media Revisi tahap awal e-modul uji coba kelompok kecil Uji coba Kelompok Besar Penyempurnaan produk Akhir. Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar yang berupa E-modul berbasis flipbook. Dalam bahan ajar tersebut dilengkapi dengan tes sebagai penunjang konsep dan dikerjakan secara individu sebagai pengukur keberhasilan dari standart kompetensi yang diharapkan. Materi yang dibahas pada ini adalah rempah-rempah sebagai komoditas perdagangan dunia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli materi dan ahli media pengembangan bahan ajar yang berupa E-modul ini valid/ layak untuk digunakan di kelas XI-IIS di SMA Rijan Pacet. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi dengan skor 92 6 persen dengan kriteria ldquo sangat valid rdquo skor validasi ahli media adalah 95 6 persen dan dimasukkan dalam kriteria ldquo sangat valid rdquo . Rata-rata yang bisa didapat dari hasil analisis validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan skor 94 1 persen pada kriteria ldquo sangat valid rdquo . Kelayakan modul menurut ahli dapat disimpulkan sangat layak untuk digunakan siswa kelas XI SMA Rijan Pacet. Setelah mendapat skor kevalidan dari ahli materi dan ahli media tahap selanjutnya adalah uji coba kelompok kecil (terbatas) untuk menguji efektifitas E-modul dan hasilnya 91 6 persen dan masuk kriteria ldquo sangat efektif rdquo . Pada uji coba kelompok besar menggunakan e-modul pada saat pembelajaran sejarah nilai post tes mengalami kenaikan dibandingkan dengan pre tes yang rata-rata nilai siswa dari 65 menjadi 82 82. Prosentase kenaikan ini sejumlah 17 82 persen. Hasil analisis untuk mengetahui efektifitas produk yang diperoleh dari angket respon siswa kelas XI-IIS menunjukkan skor pada nilai ini dapat dikategorikan tingkat implikasi E-modul terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas XI-IIS di SMA Rijan Pacet hal itu dapat dilihat dari pengetahuan siswa tentang potensi Indonesia sebagai penghasil rempah-rempah sebagai pemicu datangnya kolonialisme dan imperialisme ke Indonesia. Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa produk pengembangan bahan ajar berupa memang e-modul dengan materi rempah-rempah sebagai komoditas perdagangan dunia valid dan efektif serta layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan prestasi belajar. Dari segi kepraktisan media pembelajaran ini telah dinilai praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161910

Actions (login required)

View Item View Item