Pengembangan multimedia interaktif pada materi agresi militer belanda ii di desa prambonwetan kabupaten tuban untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa xi ipa i di sman 1 plumpang / Lingga Metarino - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pada materi agresi militer belanda ii di desa prambonwetan kabupaten tuban untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa xi ipa i di sman 1 plumpang / Lingga Metarino

Metarino, Lingga Metarino (0000) Pengembangan multimedia interaktif pada materi agresi militer belanda ii di desa prambonwetan kabupaten tuban untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa xi ipa i di sman 1 plumpang / Lingga Metarino. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran sejarah memiliki persoalan disekolah karena adanya anggapan bahwa pelajaran sejarah hanya berisi pengetahuan factual yang harus dihapal untuk soal soal ujian. Berdasarkan data hasil observasi diperolah gambaran bahwa pembelajaran berjalan kurang variasi sehingga menyebabkan siswa cenderung kurang tertarik pada kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini berusaha untuk memberikan alternatif pembelajaran baru berupa multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar Siswa saat kegitan belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lee amp Owens. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi wawancara validasi materi validasi media angket dan tes. Berdasarkan penelitian yang sudah dilaksanakan dapat diperoleh kesimulan sebagai berikut. Para siswa memiliki pemahaman baru terhadap multimedia interaktif pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil peningkatan minat pembelajaran pada materi agresi militer belanda II di desa parambonwetan.. Hal ini dapat dibuktikan setelah siswa dapat menyelesaikan materi pada tahapan penelitian pengembangan. 2) Berdasarkan evaluasi pada mutimedia interaktif diperoleh hasil siswa memiliki potensi memahami materi secara utuh terutama pada materi agresi militer belanda II di desa parambonwetan. Secara umum siswa memiliki potensi yang baik dalam merealisasikan pemahaman pada meteri terutama pada materi agresi militer belanda II di desa prambonwetan dalam perspektif sejarah lokal. Peningkatan ini disebabkan oleh pembelajaran baru yang mengunakan multimedia interaktif setelah di ujicobakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil dari penelitian pembelajaran sejarah menunjukkan peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1. Adanya pengembangan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pengembang lain dan juga bagi guru Sejarah untuk berinovasi dalam pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161909

Actions (login required)

View Item View Item