Pengembangan bahan ajar Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) geografi hypercontent berbasis pendekatan problem based learning untuk materi penginderaan jauh di SMA / Ayyub Risky Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) geografi hypercontent berbasis pendekatan problem based learning untuk materi penginderaan jauh di SMA / Ayyub Risky Hidayat

Hidayat, Ayyub Risky (2020) Pengembangan bahan ajar Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) geografi hypercontent berbasis pendekatan problem based learning untuk materi penginderaan jauh di SMA / Ayyub Risky Hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ayyub Risky Hidayat. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kegiatan Peserta Didik Geografi Hypercontent Berbasis Pendekatan Problem Based Learning Untuk materi Penginderaan Jauh di SMA. Program Studi Megister Pendidikan Geografi. Pascasarja Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Dr. Didik Taryana M.Si. Kata Kunci Pengembangan LKPD Hypercontent. Pengembangan bahan ajar bertujuan menciptakan lembar kegiatan peserta didik geografi hypercontent berbasis pendekatan PBL serta menguji evektifitas penggunaannya pada peserta didik. Bahan ajar yang dikembangkan yaitu berupa lembar kegiatan peserta didik geografi hypercontent berbasis pendekatan problem based learning dengan materi pengetahuan dasar pemetaan sub-bab penginderaan jauh yang di ajarkan pada jenjang kelas X SMA pada semester satu/ganjil. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (2009) yang memiliki 5 langkah. Proses pelaksanaan penelitian yang dilakukan oleh peneliti hanya menggunakan 4 langkah yang di sesuaikan dengan kondisi dan situasi oleh karena pandemi adapun 4 langkah penelitian dan pengembangan tersebut adalah (1) Analisis yaitu berisi tentang analisis tuntutan kurikulum analisis kebutuhan guru dan peserta didik serta analisis ketersediaan sumber belajar yang ketiganya bertujuan mengidentifikasi sejauh mana penggunaan bahan ajar yang digunakan oleh guru. (2) perencanaan yaitu bertujuan untuk merancang serta menentukan komponen-komponen terkait hal yang akan di muat dalam produk. (3) pengembangan tahap ini dilakukan dengan menuliskan materi serta mengintegrasikannya dengan link atau tautan. (4) implementasi tahap ini peneliti membagi menjadi tiga langkah yaitu tahap validasi produk tahap revisi produk dan tahap uji coba pemakaian produk. Total perolehan skor oleh validator ahli materi adalah 87 5% ahli media 91 25% adapun skor pre test rata-rata peserta didik berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 36% dan skor post test rata-rata peserta didik berada pada kategori tinggi dengan persentase 48% dan kategori sangat tinggi dengan persentase 36% serta skor mengenai respon guru terhadap penggunaan produk LKPD hyperconten adalah 95% dan skor respon siswa adalah 90%. Adapun saran dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Pengembangan lebih luas dan lanjut terhadap lembar kegiatan peserta didik (LKPD) geografi hypercontent berbasis pendekatan problem based learning pada materi penginderaan jauh untuk SMA (2) penelitian selanjutnya diharapkan melakukan uji praktis sehingga produk yang di hasilkan berkualitas dan dapat berguna bagi peserta didik dan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161906

Actions (login required)

View Item View Item