Masitoh, Hastya Rizkananda Masitoh (2021) pengembangan bukuteks geografi berbasis critical thinking materi posisi strategis indonesia sebagai poros maritim dunia untuk sma/ma / hastya rizkananda masitoh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan buku teks bertujuan menciptakan buku penunjang peserta didik Geografi berbasis critical thinking serta menguji evektifitas penggunaannya pada peserta didik. Bahan ajar yang dikembangkan yaitu berupa buku teks Geografi berbasis critical thinking dengan materi Indonesia Poros Maritim Dunia yang di ajarkan pada jenjang kelas XI SMA pada semester satu/ganjil. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (2009) yang memiliki 5 langkah. Proses pelaksanaan penelitian yang dilakukan oleh peneliti hanya menggunakan 4 langkah yang di sesuaikan dengan kondisi dan situasi oleh karena pandemi adapun 4 langkah penelitian dan pengembangan tersebut adalah (1) Analisis yaitu berisi tentang analisis tuntutan kurikulum analisis kebutuhan guru dan peserta didik serta analisis ketersediaan sumber belajar yang ketiganya bertujuan mengidentifikasi sejauh mana penggunaan bahan ajar yang digunakan oleh guru. (2) perencanaan yaitu bertujuan untuk merancang serta menentukan komponen- komponen terkait hal yang akan di muat dalam produk. (3) pengembangan tahap ini dilakukan dengan menuliskan materi serta mengintegrasikannya dengan studi kasus (4) implementasi tahap ini peneliti membagi menjadi tiga langkah yaitu tahap validasi produk tahap revisi produk dan tahap uji coba pemakaian produk. Total perolehan skor oleh validator ahli materi adalah 93% ahli media 95% dan ahli bahasa 90% adapun skor pre test rata-rata peserta didik berada pada kategori rendah dengan persentase 56% dan skor post test rata-rata peserta didik berada pada kategori tinggi dengan persentase 42% dan kategori sangat tinggi dengan persentase 28% serta skor mengenai respon guru terhadap penggunaan buku teks Geografi critical thinking adalah 95% dan skor respon siswa adalah 90%. Adapun saran dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Pengembangan lebih luas dan lanjut terhadap buku teks Geografi berbasis critical thinking materi Indonesia Poros Maritim Dunia untuk SMA (2) penelitian selanjutnya diharapkan melakukan uji praktis sehingga produk yang di hasilkan berkualitas dan dapat berguna bagi peserta didik dan guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/161904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |