Pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah kependudukan di kelas xi iis man 1 kota malang / Balya Akhmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah kependudukan di kelas xi iis man 1 kota malang / Balya Akhmad

Balya Akhmad (2021) Pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah kependudukan di kelas xi iis man 1 kota malang / Balya Akhmad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang sangat dibutuhkan pada abad 21. Keterampilan berpikir dan penguasaan konsep sangat diperlukan dalam mempelajari Geografi pada abad 21 untuk memecahkan permasalahan. Dengan memiliki kedua kecakapan tersebut setidaknya siswa sudah memiliki dasar untuk menentukan jalan yang akan mereka tempuh dengan pemikiran yang matang dan logis dalam kehidupannya. Untuk mengembangkan kecakapan tersebut salah satunya melalui model Treffinger. Pembelajaran Treffinger mempunyai tiga tahapan Understanding Challenge Generating Ideas dan Preparing For Action. Alasan memilih model Treffinger untuk diteliti ada 3 pertama model pembelajaran tersebut belum banyak diaplikasikan dalam pembelajaran Geografi. Kedua model pembelajaran Treffinger mempunyai langkah yang lebih simpel daripada langkah model pembelajaran Creative Problem Solving Osborn. Ketiga model Treffinger mempunyai kelebihan untuk meningkatkan kecakapan berpikir kritis dikarenakan seseorang yang berpikir dengan kritis mampu mengatasi masalah yang ada. Penelitian ini tergolong eksperimen semu (quasi eksperimen) rancangan penelitian yang dipakai yaitu 2 kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian ini yaitu pretest dan posttest control group design. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa XI IIS Tahun ajaran 2020/2021. Subjek yang diteliti siswa XI IIS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Analisis data menggunakan Uji hipotesis kecakapan berpikir kritis menggunakan uji parametrik yaitu Independent Sample T Test sedangkan kecakapan memecahkan masalah menggunakan uji Mann-Whitney U Test dengan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian t menunjukkan bahwa nilai yang didapatkan 0 049 lt 0 05 yang berarti H0 ditolak. Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa Model Treffinger berpengaruh terhadap kecakapan berpikir kritis pada materi dinamika kependudukan di Indonesia. Sedangkan untuk kecakapan memecahkan masalah menunjukkan bahwa nilai yang didapatkan 0 734 gt 0 05 yang berarti H0 diterima. Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa Model Treffinger tidak berpengaruh terhadap kecakapan memecahkan masalah pada pembelajaran Geografi materi dinamika kependudukan di Indonesia siswa XI IIS MAN 1 Kota Malang. Akan tetapi berdasarkan kriteria pengambilan keputusan jika H0 ditolak sig ( 2-tailed) ge 0 05 dan nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Ini artinya model Treffinger berpengaruh terhadap kecakapan berpikir kritis dan kecakapan memecahkan masalah pada pembelajaran Geografi materi dinamika kependudukan di Indonesia siswa XI IIS MAN 1 Kota Malang. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu 1) ketika menerapkan materi yang mengandung banyak permasalahan yang kompleks guru dapat menggunakan model Treffinger sebagai alternatif dalam meningkatkan kecakapan berpikir dan memecahkan masalah siswa. 2) guru dituntut untuk menguasai langkah-langkah dari model Treffinger tersebut agar pembelajaran dapat dilakukan secara tepat. 3) guru geografi dapat memanfaatkan model Treffinger ini untuk mencapai tujuan belajar pada materi yang dibahas. 4) model Treffinger kurang maksimal jika digunakan untuk pembelajaran daring untuk itu bagi para guru jika ingin menggunakan model ini supaya benar benar dapat mengkondisikan siswa saat meet dilakukan dan 5) akan lebih baik jika penerapan model Treffinger ini dapat digabungkan dengan Outdoor Study sehingga siswa dapat berinteraksi langsung dan menyelidiki secara langsung permasalahan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161903

Actions (login required)

View Item View Item