Wahyuni, Try Wahyuni (2021) Pengaruh learning cyle 5e terintegrasi stem terhadap kemampuan berpikir spasial geografi dalam perspektif skemata siswa sma / Try Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wahyuni Try. 2021. Pengaruh Learning Cyle 5E Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Geografi dalam Perspektif Skemata Siswa SMA. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si. (II) Dr. Didik Taryana M.Si. Keywords Learning Cycle 5E Terintegrasi STEM Skemata Berpikir Spasial. Dinamika hidrosfer dan dampaknya pada kehidupan perlu dipelajari agar siswa mampu dalam memecahkan persoalan di lingkungannya. Model pembelajaran learning cyle 5E terintegrasi STEM menjadi alternatif pembelajaran geografi dalam membangun pengetahuan siswa berdasarkan permasalahan di kehidupan nyata. Pembelajaran menggunakan learning cycle 5E terintegrasi STEM menjadikan proses pembelajaran lebih efektif dalam pemberian pengetahuan dan pemahaman siswa yang lebih mendalam terkait fenomena geosfer. Peristiwa atau fenomena geosfer dalam bentuk keruangan dapat diarahkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa dengan menggunakan model Learning Cycle 5E terintegrasi STEM. Pengetahuan siswa dalam kemampuan kognitifnya perlu dikembangkan dengan bantuan skemata sehingga membantu siswa dalam memecahkan permasalahan spasial yang terjadi di lingkungannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh learning cyle 5E terintegrasi STEM Terhadap kemampuan berpikir spasial geografi dalam perspektif Skemata. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. data penelitian berupa data kemampuan berpikir spasial dan skemata siswa dengan menggunakan soal uraian atau tes (melalui pretest dan posstest) pada kedua kelas. Hasil perolehan data berpikir spasial dan skemata berupa gain score pada kelas eksperimen dan kontrol kemudian dianalisis dengan analisis dua jalur (two way anova. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Kandis. Subjek Penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol dengan teknik purposive sampling. Kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 3 sebagai kelas kontrol. Hasil dan kesimpulan penelitian ini menunjukan (1) Model learning cycle 5E terintegrasi STEM memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada pembelajaran geografi materi hidrosfer. (2) Skemata siswa berpengaruh dalam mengembangkan kemampuan berpikir spasial. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir spasal dengan skemata kompleks yang lebih tinggi dibandingkan dengan skemata sederhana. (3) Model Learning Cycle 5E terintegrasi STEM skemata dan kemampuan berpikir spasial siswa memunjukkan interkasi yang diantara tiga variabel. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan pengaruh signifikansi dan kemampuan berpikir spasial siswa kelas eksperimen dengan menggunakan learning cycle 5E terintegrasi STEM dan skemata lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/161902 |
Actions (login required)
View Item |