Diningrum, Ristan Vidia (2021) pengembangan bahan ajar pemainan bola besar / ristan vidia diningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dengan tujuan meningkatkan dan menjaga kebugaran jasmani peserta didik. Blended learning adalah pembelajaran yang mengkombinasikan strategi penyampaian materi dalam pembelajaran menggunakan tatap muka (face to face) offline dan online. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan bahan ajar permainan bola besar dalam PJOK menggunakan blended learning di SMA kelas XI Kabupaten malang. Pengembangan dilakukan untuk memberikan altematif dan inovasi pada pembelajaran permainan bola besar dalam PJOK untuk peserta didik SMA kelas XI di Kabupaten Malang. Permainan bola besar merupakan kompetensi dasar dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan blended learning Dwiyogo. Prosedur pengembangan meliputi 3 tahap (l) tahap analisis (2) tahap rancangan pembelajaran (3) tahap evaluasi. Kemudian dilakukan uji efektifitas untuk mengetahui tingkat keefektifan efisiensi serta kemenarikan produk pengembangan bahan ajar permainan bola besar. Hasil dari penelitian dan pengembangan meliputi hasil pengembangan produk berupa pengembangan bahan ajar permainan bola besar dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis blended learning yang terdiri dari (1) buku cetak untuk pembelajaran tatap muka (2) multimedia interaktif untuk pembelajaran offline dan edmodo untuk pembelajaran online. Hasil penelitian pada uji coba produk yang diberikan terhadap kelompok besar kemenarikan diperoleh persentase sebesar (92 72%) untuk kriteria kemudahan diperoleh presentase sebesar (91 98%) untuk kriteria kejelasan diperoleh persentase sebesar (92 74%) untuk kriteria keefektifan diperoleh persentase (93 66%). Total rata-rata (92 77 %). Hasil perolehan nilai (posttest) yang diberikan kepada 95 peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran blended learning diperoleh nilai maksimal 100 nilai minimal 50 dan nilai rata-rata 77 42. Hasil dari nilai rata-rata yang diperoleh pada posttest dengan menggunakan model pembelajaran blended learning memenuhi kriteria ketuntasan peserta didik. Kesimpulannya penelitian ini berupa produk pengembangan bahan ajar permainan bola besar valid praktis dan efektif digunakan untuk peserta didik Kelas XI SMA Kabupaten Malang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 01:31 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/161898 |
Actions (login required)
View Item |