Proses berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang dalam menyelesaikan masalah open ended bangun datar / Annafi Awantagusnik

Awantagusnik, Annafi (2019) Proses berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang dalam menyelesaikan masalah open ended bangun datar / Annafi Awantagusnik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Awantagusnik, Annafi. 2019. Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Malang dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Bangun Datar. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sukoriyanto, M.Si. Kata kunci: Proses berpikir kreatif, masalah open ended, bangun datar Kreativitas merupakan salah satu hal yang dimiliki manusia. Dalam matematika, kreativitas merupakan kemampuan menemukan jawaban baru yakni berupa ide-ide yang menghubungkan konsep satu dengan yang lainnya yang merupakan suatu solusi dari permasalahan. Dalam menemukan solusi dari permasalahan yang melibatkan kreativitas tentunya tidak terlepas dari proses berpikir kreatif. Berpikir kreatif itu sendiri merupakan suatu kemampuan yang digunakan ketika memunculkan atau mendatangkan suatu ide baru. Proses berpikir kreatif terdiri dari empat tahapan, yakni tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi, dan tahap verifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa kategori kreatif dan sangat kreatif kelas VIII SMP Negeri 8 Malang dalam menyelesaikan masalah open ended bangun datar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIII-A SMP Negeri 8 Malang. Siswa diminta mengerjakan lembar soal open ended bangun datar. Dari pekerjaan siswa tersebut, dilakukan pengkategorian ke dalam tingkatan berpikir kreatif berdasarkan indikator berpikir kreatif yakni kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Setelah dikategorikan, data direduksi dengan hanya memilih 2 siswa yang masuk dalam kategori sangat kreatif dan 2 siswa yang masuk dalam kategori kreatif untuk diwawancarai. Setelah itu, dilakukan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap persiapan, siswa dalam kategori sangat kreatif dan kreatif mampu memahami informasi dalam soal dan mengingat pengetahuan yang terkait dengan baik. Pada tahap inkubasi, siswa sangat kreatif melakukan lebih dari tiga kali proses inkubasi sedangkan siswa kreatif melakukan tepat tiga kali proses inkubasi. Pada tahap iluminasi, siswa sangat kreatif dan kreatif mendapatkan ide penyelesaian lebih dari satu dan memuat jawaban atau cara baru. Pada tahap terakhir, yakni tahap verifikasi, siswa sangat kreatif menerapkan ide yang ditemukan dengan cukup yakin dan melakukan pengecekan jawaban atau cara yang digunakan sedangkan siswa kreatif hanya menerapkan ide namun tidak melakukan pengecekan ulang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16186

Actions (login required)

View Item View Item