Pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler sepakbola berbasis blended learning untuk tingkat SMA / Mazhar Bagus Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler sepakbola berbasis blended learning untuk tingkat SMA / Mazhar Bagus Setyawan

Setyawan, Mazhar Bagus (2019) Pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler sepakbola berbasis blended learning untuk tingkat SMA / Mazhar Bagus Setyawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setyawan Mazhar Bagus. 2018.Pengembangan Pembelajaran Ekstrakurikuler Sepakbola Berbasis Blended Learning Untuk Tingkat SMA.Tesis Progam Studi Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo M. Pd. (2)Dr. Saichudin M.Kes. Kata kunci pengembangan sepakbola blended learning Olahraga semakin dibutuhkan untuk memelihara keserasian keselarasan dan keseimbanganhidupmanusia.Berkaitan dengan hal tersebut ektrakulikuler olahraga perlu mendapatkan penanganan yang tepat dalam mewujudkan dan membentuk sikap manusia seutuhnya yang kuat dan sehat baik jasmani maupun rohani salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang. Salah satu cabang ekstrakulikuler olahraga yang perlumendapatkanperhatianadalahcabangsepakbola.Dalam ekstrakurikuler sepakbola selain psikomotor yang harus dikuasai adalah kognitif dan afektifnya. Memanfaatkan teknologi sebagai sumber belajar yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan. Dengan menggunakan blended learning peserta didik tidak hanya belajar secara tatap muka tapi juga secara offline dan online. Model penelitianinimenggunakan model rancanganpembelajaranblended learning. Dwiyogo (2016 128) menjelaskan bahwa model rancangan pembelajaran blended learning menitikberatkanpadapengembanganrencanapembelajaran. Data dari penelitian dan pengembangan ini adalah hasil instrumen berdasarkan tanggapan validasi ahli hasil ujicoba kelompok kecil hasilujicobakelompokbesardanujiefetifitas efisiensidandayatarik.Didalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan dua teknik analisis data yang digunakan yaitu (1)teknikanalisiskualitatif dan (2) teknikanalisiskuantitatif. Komponenpembelajaran yang dilakukandalampenelitianiniyaitu (1) tatapmuka (2) pembelajaranoffline yang dilakukan dalam peneltian ini menggunakanaplikasiautoplay studio 8 yang mencangkupberbagaimateripembelajaran dan (3) pemebelajaranonlineyang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan media sosial yaitugoogle classroom. Ujiefektivitas efisiensidandayatarikdiperoleh hasil yaitu Pertemuan pertama menggunakan metode tatap muka dengan materi mengenal sepakbola pada bab I diperoleh nilai efektivitas (1) nilai terendah 60 nilai huruf C (2) nilai tertinggi 90 nilai kriteria B (3) nilai 90 nilai kriteria (26 67%) (4) nilai 80 nilai kriteria B (43 33%) (5) nilaI 70 nilai kriteria C (16 67%) (6) nilai 60 nilai kriteria C (13 33%) dan (7) keseluruhan nilai diperoleh rata-rata nilai kriteria B (78 33%).Efisiensi diperoleh waktu terlama 1 19 38 (satu jam sembilan belas menit tiga puluh delaoan detik) dan waktu tercepat 1 15 37 (satu jam lima belas menit tiga puluh tujuh detik)dan diperoleh waktu 38 48 27 (tiga puluh delapan jam empat puluh delapan menit dua puluh tujuh detik) dan diperoleh rata-rata waktu 01 17 37 (satu jam tujuhbelas menittiga puluh tujuhdetik). Daya tarik diperoleh (1)sangat menarik 224 poin (62 22%) dan (2) menarik 108 poin (30%).Pertemuan kedua menggunakan metode offline dengan materi teknik dasar pada bab IV diperoleh nilai efektivitas yaitu (1) terendah 70 nilai kriteriaC (2)nilai tertinggi 100 nilai kriteriaSB (3) nilai 100 nilai kriteriaSB (20%) (4) nilai 90 nilai kriteria B (13 33%) (5) nilai 80 nilai kriteria B (50%) (6) nilaI 70 nilai kriteria C (16 67%) dan (7) keseluruhan nilai diperoleh rata-rata nilai kriteria B (83 67%).Efisiensi diperoleh wwaktu terlama 1 14 40 (satu jam empat belas menit empat puluh detik) dan waktu tercepat 1 10 19 (satu jam sepuluh menit sembilan belas detik dan diperoleh 36 25 47 (tiga puluh enam jam dua puluh lima menit empat puluh tujuh detik) dan diperoleh rata-rata waktu 1 12 52 (satu jam dua belas menit lima puluh dua detik)Daya tarik diperoleh (1) ssangat menarik 200poin (55 56%) dan (2) menarik 129 poin (35 83%).Pertemuan ketiga menggunakan metode online dengan materi metode latihan pada bab V diperoleh nilai yaitu (1) terendah 80 nilai kriteria B (2) nilai tertinggi 100 nilai kriteria SB (3) nilai 100 nilai kriteria SB (46 67) (4) nilai 90 nilai kriteria B (43 33%) (5) nilai 80 nilai kriteria B (10%) dan (6) keseluruhan nilai diperoleh rata-rata nilai kriteria SB (93 67%).Efisiensi diperoleh waktu terlama 01 09 46 (satu jam sembilan menit empat puluh enam detik) dan waktu tercepat 0diperoleh 33 56 30 (tiga puluh tiga jam lima puluh enam menit tiga puluh detik) dan diperoleh rata-rata waktu 1 07 53 (satu jam tujuh menit lima puluh tiga detik). Daya tarik diperoleh (1)sangat menarik 204 poin (56 67%) dan (2) menarik117 poin (32 50%). Keseluruhan dalam tiap pertemuan diperoleh efektifitas yaitu (1)untuk nilai 100 nilai huruf SB (22 22%) (2) nilai 80-90 nilai huruf B (62 22%) (3) nilai 60-70 nilai huruf C (15 56%). dan untukkeseluruhan nilai diperoleh 9970 dengan rata-rata yang diperoleh nilai huruf B (85 21%).Efisiensi yaitu diperoleh waktu tercepat 03 34 43 (tiga jam tiga puluh empat menit empat puluh tiga detik) dandiperolehwaktuterlama 03 43 21 (tiga jam empat puluh tiga menit dua puluh satu detik)dan keseluruhan 109 10 44(seratus sembilan jam sepuluh menit empat puluh epat detik) dan rata-rata yang diperoleh adalah 03 38 21(tiga jam tiga puluh delapan menit dua puluh satu detik). Daya tarik yaitu (1) sangat menarik (64 32%) dan (2) menarik (36 10%). Hasildariuji coba produk penelitian yang diberikan terhadap30sampelhasil yang diperoleh yaitu (1) kriteriakemenarikanprodukdiperolehpersentasesebesar(90 28%) (2) kriteria kejelasan produk diperoleh persentase sebesar (88 17%) (3) kriteria kemudahan produk diperoleh persent asesebesar (88 33%) (4) kriteria keefektifan produk diperoleh persentase sebesar (89 17%). Berdasarkan dari 4 kriteria persentase tersebut diperoleh dataRata-rata hasil keseluruhan dari persentase yaitu sebesar (89 07%). Kriteria tersebut telah memenuhi kelayakan sehingga produk pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler berbasis blended learninguntuk tingkat SMA dinyatakan dapat digunakan. Oleh karena itu setelah hasil dari penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan oleh peneliti maka dapat disumpulkan bahwa produk pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler berbasis blended learning untuk tingkat SMA ini dinyatakan layak untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161842

Actions (login required)

View Item View Item