Pengembangan media pembelajaran "Alop's adventure" menggunakan software RPG maker VX ace pada materi bentuk aljabar / Cahya Fitri Nata Wardhanie - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran "Alop's adventure" menggunakan software RPG maker VX ace pada materi bentuk aljabar / Cahya Fitri Nata Wardhanie

Wardhanie, Cahya Fitri Nata (2019) Pengembangan media pembelajaran "Alop's adventure" menggunakan software RPG maker VX ace pada materi bentuk aljabar / Cahya Fitri Nata Wardhanie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii ABSTRAK Wardhanie Cahya Fitri Nata. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Alop s Adventure menggunakan Software RPG Maker VX Ace pada Materi Bentuk Aljabar. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Syaiful Hamzah Nasution S.Si S.Pd M.Pd. Kata kunci media pembelajaran komputer game RPG maker VX ace bentuk aljabar Saat ini matematika masih menjadi mata pelajaran yang kurang disenangi oleh peserta didik. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran matematika yang diterapkan guru masih monoton kurang bervariasi dan membosankan. Akibatnya siswa cenderung malas untuk mempelajari matematika sehingga mempengaruhi hasil belajar menjadi rendah. Salah satu materi pada matematika yang kurang diminati siswa yaitu bentuk aljabar. Berdasarkan pernyataan seorang guru matematika bahwa materi tersebut sifatnya abstrak sehingga siswa sulit untuk menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu peneliti membuat penelitian pengembangan yang bisa mengarahkan siswa bahwa materi bentuk aljabar bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga peneliti muncul ide berupa game Alop s Adventure berbantuan komputer dengan software RPG Maker VX Ace pada materi bentuk aljabar. Pada penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model pengembangan Alessi-Trollip tahun 2001 yang terdiri dari tiga tahap yaitu Planning (tahap perencanaan) Design (tahap perancangan) dan Development (tahap pengembangan). Produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator ahli media dan ahli materi. Setelah produk tersebut divalidasi peneliti melakukan uji coba kepada 10 siswa yang belum mendapat materi bentuk aljabar. Sepuluh siswa tersebut terdiri dari tiga siswa berkemampuan rendah empat siswa berkemampuan sedang dan tiga siswa berkemampuan tinggi. Hasil dari penelitian pengembangan tersebut antara lain hasil uji validitas media mendapat presentase 93 18% sedangkan hasil uji validitas materi mendapat presentase 92 5% yang berarti media dan materi yang dikemangkan termasuk dalam kategori sangat valid hasil uji kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa dengan skor sebesar 3 63 yang berarti media yang dikembangkan termasuk dalam kategori praktis serta hasil uji keefektifan diperoleh dari hasil tes siswa dari 10 siswa terdapat 8 siswa yang memiliki nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75 dengan rata-rata nilai dari sepuluh siswa tersebut adalah 88 7 sehingga presentase keefektifan media ini adalah 80% yang berarti media yang dikembangkan merupakan media yang efektif. Dari hasil penelitian subjek uji coba yang memiliki kemampuan rendah dari tiga siswa dua siswa diantaranya memperoleh nilai tes di atas KKM hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dapat membantu siswa untuk memahami materi. Hal ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya. Beberapa saran yang diberikan peneliti antara lain saran untuk pemanfaatan produk diseminasi dan saran untuk pengembangan produk lebih viii lanjut. Saran untuk pemanfaatan produk adalah guru dapat memanfaatkan laboratorium komputer yang telah disediakan sekolah untuk menggunakan media ini dalam mengajarkan bentuk aljabar. Saran diseminasi yaitu media ini dapat diujicobakan ke seluruh siswa dalam satu sekolah atau ke sekolah-sekolah lain. Serta saran untuk pengembangan produk lebih lanjut yaitu game ini dapat diakses oleh semua orang dan dapat dikembangkan oleh pengembang lain dengan melibatkan ahli programmer dan ahli desain agar semakin sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16184

Actions (login required)

View Item View Item