Pengembangan pembelajaran matakuliah bolabasket berbasis blended learning untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan jasmani dan Kesehatan FIK angkatan 2017 UM / Raynaldi Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran matakuliah bolabasket berbasis blended learning untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan jasmani dan Kesehatan FIK angkatan 2017 UM / Raynaldi Firmansyah

Firmansyah, Raynaldi (2020) Pengembangan pembelajaran matakuliah bolabasket berbasis blended learning untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan jasmani dan Kesehatan FIK angkatan 2017 UM / Raynaldi Firmansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Firmansyah Raynaldi. 2020. Pengembangan Pembelajaran Matakuliah Bolabasket Berbasis Blended Learning Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan FIK Angkatan 2017 UM. Tesis Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sapto Adi M.Kes. (II) Dr. Eko Hariyanto M.Pd. Kata Kunci pengembangan pembelajaran bolabasket blended learning. Pembelajaran bolabasket di PJK FIK UM hanya dilakukan di lapangan dengan metode tatap muka sehingga pembelajaran yang diberikan monoton dan kurang variatif untuk menggabungkan metode belajar lainnya. Solusi dari masalah ini dengan dikemas oleh model pembelajaran yang dapat menggabungkan berbagai macam metode belajar agar penyampaian materi tidak monoton dan semua ranah kompetensi dapat tercapai secara proporsional. Kesimpulannya model pembelajaran berbasis blended learning adalah solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran matakuliah bolabasket berbasis blended learning (komposisi tatap muka menggunakan buku ajar offline menggunakan autoplay media studio dan online menggunakan google classroom. Penelitian ini menggunakan model pengembangan blended learning Dwiyogo (2016 237) dengan menggunakan subjek penelitian berjumlah 60 mahasiswa PJK FIK UM angkatan 2017 dan tiga ahli yang meliputi satu ahli media satu ahli materi bolabasket dan satu ahli pembelajaran. Prosedur pengembangan meliputi 3 tahap (1) tahap analisis (2) tahap rancangan pembelajaran (3) tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini ada tiga yaitu (1) buku (2) multimedia interaktif berupa auto play (3) google classroom. Penelitian pada uji coba produk yang diberikan terhadap 60 subjek diperoleh hasil (1) uji coba kelompok kecil dengan hasil 89 51% (2) uji coba kelompok besar memperoleh hasil 89 90% (3) uji efektifitas memperoleh hasil 82 54% (4) uji efisiensi memperoleh hasil terjadinya efisiensi waktu yang diperoleh dalam mempelajari materi dan mengerjakan soal dalam setiap pertemuan antara sebelum dan setelah menggunakan blended learning (5) uji daya tarik memperoleh hasil 90 31%. Kesimpulannya dengan menggunakan produk ini pembelajaran bolabasket dapat mengalami peningkatan dari aspek efektivitas efisiensi dan daya tarik terhadap produk pembelajaran. Keseluruhan hasil penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran blended learning yang mengkombinasi antara tatap muka menggunakan buku cetak yang dilengkapi QR code offline menggunakan multimedia interaktif online menggunakan google classroom. Blended learning terbukti dapat meningkatkan motivasi minat serta hasil belajar atlet bolabasket yang mencakup efektifitas efisiensi dan daya tarik pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161832

Actions (login required)

View Item View Item