Pengembangan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) berbasis blended learning untuk siswa kelas XI SMK Kendedes Malang / Ipung Hadiwantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) berbasis blended learning untuk siswa kelas XI SMK Kendedes Malang / Ipung Hadiwantoro

Hadiwantoro, Ipung (2020) Pengembangan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) berbasis blended learning untuk siswa kelas XI SMK Kendedes Malang / Ipung Hadiwantoro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) guru harus mempunyai inovasi atau terobosan terbaru agar pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) tidak selalu monoton pembelajaran dilapangan dengan kemajuan teknologi yang sekarang berkembang dengan pesat guru harus bisa memanfaatkan beberapa media dan teknologi yang mendukung berlangsungnya pembelajaran yang efektif. Dilihat dari hasil analisis kebutuhan dengan mengumpulkan data dari wawancara dengan guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) (1) Guru sering melakukan pembelajaran dilapangan daripada dikelas teori (2) Bahan bacaan sangat terbatas (3) penggunaan media sebagai bahan pembelajaran sama sekali tidak digunakan (4) siswa senang pembelajaran praktik daripada teori dikelas (5) guru tidak terampil dalam penggunaan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran. Solusi yang diberikan adalah dengan pemanfaatan teknologi yang telah dimiliki oleh sekolah dan siswa yang belum digunakan secara maksimal dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk memaksimalkan kelebihan dari sekolah adalah dengan metode pembelajaran blended learning yang mengkombinasikan tatap muka (face to face) offline dan online. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mengembangkan produk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan menggunakan blended learning (2) menguji keefektifan produk tersebut pada proses pembelajaran Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan blended learning Dwiyogo (2016 237) dengan menggunakan subjek penelitian 33 siswa SMK Kendedes Malang dan 3 ahli yang meliputi 1 ahli materi 1 ahli pembelajaran dan 1 ahli media. Prosedur yang digunakan meliputi 9 langkah (1) analisis kebutuhan pemecahan masalah (2) identifikasi sumber belajar dan kendala (3) identifikasi karakteristik pebelajar (4) menetapkan tujuan pembelajaran (5) memilih dan menetapkan strategi pembelajaran (mengorganisasi isi penyampaian serta pengelolaan) (6) mengembangkan sumber belajar (tatap muka offline online maupun mobile) (7) uji coba (8) revisi (9) prototipe rancangan modifikasi permainan menggunakan blended learning. Di dalam penelitian ini menggunakan 2 teknik analisis data yaitu (1) teknik analisis kualitatif dan (2) teknik analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan meliputi hasil pengembangan produk berupa pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) berbasis blended learning untuk siswa kelas XI SMK Kendedes Malang yang terdiri dari (1) buku cetak untuk pembelajaran tatap muka (2) multimedia interaktif untuk pembelajaran offline dan moodle untuk pembelajaran online. Hasil uji efektifitas nilai dari 33 siswa dalam mengejarkan soal evaluasi dihasilkan rentang nilai siswa yang terendah 7.00 dan tertinggi 9.00 berdasarkan kurikulum K13 2013 pedoman penilaian siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) rentangan nilai 85-100 kredit A 70-84 kredit B 60-69 kredit C dan 50-59 kredit D. Secara keseluruhan dari hasil soal evaluasi yang dikerjakan oleh 33 siswa mendapatkan rata-rata nilai 8.07 dengan predikat B berdasarkan acuan dari kurikulum K13 2013 dengan predikat B termasuk kategori Baik. Setiap pertemuan mendapatkan koeefesien waktu yang digunakan pada (1) Pertemuan pertama dengan pertemuan kedua mendapatkan koefesien waktu sebesar 06 12 96 (2) pertemuan kedua dengan ketiga mendapatkan koefesien waktu sebesar 09 12 03. Dari tiga pertemuan yang digunakan oleh peneliti mendaptakn total waktu yang digunakan sebesar 5208 01 00 dengan mendaptkan rata-rata sebesar 157 49 07. Dengan waktu yang digunakan oleh para siswa mendapatkan koefesien waktu yang digunakan antara pertemuan pertama kedua dan ketiga dalam mempelajari materi yang diberikan setiap bab dan mengerjakan soal yang telah diberikan oleh peneliti. pengambilan data uji daya tarik terhadap produk pengembangan yang telah dibuat oleh peneliti mendaptkan hasil sebagai berikut (1) Pertemuan pertama mendapatkan hasil 88 18% (2) Pertemuan kedua pembelajaran offline mendapatkan hasil 87 22% dan (3) Pertemuan ketiga pembelajaran online mendapatkan hasil 86 51%. Dengan jumlah nilai yang didapatkan dari 33 siswa adalah 1959 dengan nilai maksimal 2248 dengan mendaptkan persentase 87 29%. Saran dari penulis terhadap produk yang telah dibuat (1) subtansi isi materi lebih baik dikembangkan dengan mengikuti kurikulum yang berlaku agar pembelajaran PJOK bisa menambah pemahaman materi para siswa (2) produk pembelajaran bisa digunakan semua mata pelajaran yang akan didapatkan para siswa (3) produk yang telah dibuat oleh penulis tidak menutup kemungkinan bisa dipergunakan oleh universitas lain dengan penguatan beberapa materi yang terdapat dalam produk ini sehingga produk ini bisa digunakan semua kalangan untuk mempermudah para siswa dan tenaga pendidik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161831

Actions (login required)

View Item View Item