Pengembangan media plastik transparan untuk pembelajaran transformasi refleksi untuk SMP kelas IX semester 1 / Galuh Navalis Yuliantiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media plastik transparan untuk pembelajaran transformasi refleksi untuk SMP kelas IX semester 1 / Galuh Navalis Yuliantiko

Yuliantiko, Galuh Navalis (2019) Pengembangan media plastik transparan untuk pembelajaran transformasi refleksi untuk SMP kelas IX semester 1 / Galuh Navalis Yuliantiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Yuliantiko Galuh Navalis. 2019. Pengembangan Media Plastik Transparan Untuk Pembelajaran Transformasi Refleksi Untuk SMP Kelas IX Semester 1. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. Kata Kunci media pembelajaran matematika plastik transparan transformasi refleksi. Transformasi refleksi merupakan salah satu materi yang sangat penting untuk topic yang diajarkan dalam sekolah di Indonesia khusunya untuk siswa SMP oleh karena itu transformasi refleksi merupakan salah satu materi yang penting untuk dikuasai siswa SMP di Indonesia. Akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangan yang timbul sehingga siswa menjadi susah memahami materi tersebut. Salah satu contoh yang menjadikan siswa susah memahami materi geometri transformasi adalah masih kurangnya penggunaan media. Penelitian terdahulu telah dilakukan oleh Sofi Selawati (2018) yang berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Manipulatif TRANSMETRI Untuk Pembelajaran Siswa Tentang Transformasi Geometri di SMP hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media manipulatif TRANSMETRI untuk materi transformasi mendapat respon positif dari siswa dan dapat membantu siswa memahamkan materi tersebut akan tetapi terdapat kekurangan dalam hal pendalaman sub materi geometri transformasi. Oleh karena itu tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media plastik transparan yang dapat membantu siswa dalam memahamkan materi transformasi refleksi dimana refleksi merupakan sub materi dari geometri transformasi. vii Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp. Tahap dalam pengembangan Plomp adalah (1) penelitian awal (2) prototipe (3) penilaian. Model Plomp dipilih karena sesuai dengan karakteristik penelitian yang menggunakan tahapan sistematis yang menghasilkan suatu produk untuk memecahkan masalah materi transformasi refleksi selanjutnya produk tersebut di implementasikan kepada siswa. Pada penelitian ini dilakukan uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu seorang dosen matematika dan seorang guru matematika SMP. Setelah dinyatakan instrumen tersebut valid prroduk diujicobakan kepada 20 siswa SMP kelas VIII di SMP Negeri 2 Kasembon. Uji kepraktisan dilakukan melalui pemberian angket respon siswa. Uji keefektifan dilakukan melalui pemberian tes evaluasi kepada siswa pada akhir pembelajaran. Hasil uji keefektifan diperoleh dari persentase siswa yang memenuhi ketuntasan belajar minimal 80. viii Berdasarkan hasil analisis data diperoleh total skor hasil uji kevalidan media 3 18 dan total skor hasil uji kepraktisan adalah 3 69. Pada uji keefektifan menunjukkan 75% subjek uji coba telah memenuhi ketuntasan belajar minimal yaitu mendapatkan nilai 80 atau lebih serta tidak adanya siswa yang mengalami masalah fatal yang terkait dengan materi trnsformasi refleksi. Berdasarkan uraian tersebut media pembelajaran plastik transparan pada materi transformasi refleksi di SMP kelas IX semester 1 telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif untuk memahamkan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16183

Actions (login required)

View Item View Item