Pengembangan pembelajaran matakuliah PP dan PPCO berbasis blended learning untuk mahasiswa jurusan pendidikan jasmani dan kesehatan / Reza Aofal - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran matakuliah PP dan PPCO berbasis blended learning untuk mahasiswa jurusan pendidikan jasmani dan kesehatan / Reza Aofal

Aofal, Reza (2020) Pengembangan pembelajaran matakuliah PP dan PPCO berbasis blended learning untuk mahasiswa jurusan pendidikan jasmani dan kesehatan / Reza Aofal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengembangkan model pembelajaran PP dan PPCO untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran PP dan PPCO berbasis blended learning (tatap muka offline dan online) serta menguji efektivitas efisiensi dan daya tarik produk pengembangan yang dihasilkan pada hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode rancangan berbasis blended learning (Dwiyogo 2014 267 268) Langkah-langkah rancangan sebagai berikut (1) analisis kebutuhan pemecahan masalah (2) identifikasi sumber belajar dan kendala (3) identifikasi karakteristik pebelajar. Tahap 2 Rancangan meliputi (4) menetapkan tujuan pembelajaran (5) memilih dan menetapkan strategi pembelajaran (mengorganisasi isi penyampaian pengelolaan) (6) mengembangkan sumber belajar (tatap muka offline online mobile). Tahap 3 Evaluasi terdiri atas (7) uji coba (8) revisi dan (9) prototipe rancangan pembelajaran berbasis blended learning. Pada langkah 1 sampai dengan 3 merupakan tahap analisis langkah 4 sampai dengan 6 tahap rancangan. Sedangkan tahap 7 sampai dengan 9 merupakan tahap evaluasi. Di dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu (1) teknik analisis kuantitatif dan (2) teknik analisis kualitatif. Sebelum melakukan uji lapangan dilakukan uji coba produk. (1) desain uji coba (2) evaluasi ahli produk (3) revisi rencana produk (4) uji coba kelompok kecil sebanyak 20 mahasiswa (5) revisi produk (6) uji coba kelompok besar sebanyak 40 mahasiswa (7) revisi produk akhir (8) uji efektivitas. Hasil dari uji coba langsung di lapangan dengan menggunakan 60 subjek dan hasil yang diperoleh yaitu Berdasarkan uji coba kelompok besar memperoleh hasil (91 06 %) hal tersebut menunjukkan terjadi peningkatan hasil 0 11 %. Hasil uji efektivitas pada setiap pertemuan diperoleh peningkatan nilai yaitu (1) antara pertemuan pertama dan pertemuan kedua peningkatan nilai diperoleh rata-rata peningkatan 0 50 dengan persentase peningkatan 0 99 % (2) antara pertemuan kedua dan ketiga diperoleh peningkatan nilai diperoleh rata-rata peningkatan 2 94 dengan persentase peningkatan 0 94%. Secara keseluruhan didapatkan persentase sebesar 88 83 % dengan kategori ketuntasan sangat tuntas. Uji efisiensi yang dilakukan sebanyak 3 kali kepada siswa diperoleh hasil setiap pertemuan diperoleh efisiensi waktu yaitu (1) antara pertemuan pertama dan kedua diperoleh 00 01 24 atau satu menit menit dua puluh empat detik (2) antara pertemuan kedua dan ketiga diperoleh 00 04 12 atau empat menit dua belas detik. Keseluruhan waktu yang diperoleh dari tiga kali pertemuan adalah 232 44 34 atau dua ratus tiga puluh jam empat puluh empat menit tiga puluh empat detik dan rata-rata yang diperoleh adalah 02 28 22 atau dua jam dua puluh delapan menit dua puluh dua detik. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi efisiensi waktu yang diperoleh dalam mempelajari materi dan mengerjakan soal dalam setiap pertemuan. Hasil uji daya tarik produk pengembangan diperoleh hasil dari penyebaran angket pada 3 pertemuan untuk uji efektivitas dengan jumlah butir instrumen sebanyak (1) 5 butir untuk pertemuan I (tatap muka) (2) 7 butir untuk pertemuan II (offline) (3) 5 butir untuk pertemuan III (online) butir dan dari hasil tersebut menunjukkan perolehan persentase kemenarikan produk pengembangan media pembelajaran mata kuliah PP dan PPCO berbasis blended learning sebesar (1) 94 58% pertemuan I (tatap muka) (2) 94 52 % pertemuan II (offline) (3) 90 5% pertemuan III (online) dengan kriteria sangat valid. Spesifikasi hasil dari penelitian dan pengembangan serta semua data yang telah dipaparkan tentang produk pengembangan pembelajaran mata kuliah PP dan PPCO berbasis blended learning antara lain (1) produk dikembangkan dalam bentuk buku cetak dengan QR code untuk pembelajaran tatap muka multimedia interaktif untuk pembelajaran offline dan edmodo untuk pembelajaran online (2) produk yang dikembangkan berisi tentang pengembangan serta semua data yang telah dipaparkan tentang produk pengembangan media pembelajaran mata kuliah PP dan PPCO berbasis blended learning yang berisikan tentang konsep video (3) produk yang dirancang diperuntukkan untuk mahasiswa jurusan pendidikan jasmani mata kuliah PP dan PPCO yang dibuat dengan pengembangan media pembelajaran berbasis blended learning. Saran dari penelitian ini adalah (1) sebelum mengembangkan produk seharusnya memperhatikan materi yang akan diuji cobakan agar produk yang dihasilkan tepat ke sasaran. (2) untuk penelitian kedepan nanti seharusnya diperhatikan fasilitas yang akan digunakan dalam pembelajaran seperti jaringan internet (pembelajaran online).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161828

Actions (login required)

View Item View Item